• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

AKU BISA MENGGUNTING

Oleh: Yuli Fitantri A.Md (Guru Playgroup)

Boleh dibilang menggunting untuk orang dewasa adalah kegiatan yang gampang dilakukan, akan tetapi tidak untuk anak usia dini.  Ada juga orang dewasa yang tahapan mengguntingnya tidak sempurna.

Yaaa…benar menggunting mempunyai tahapan, menarik bukan…sekilas kegiatan menggunting hanya sebatas memegang gunting, menggerakkannya lalu memotong sesuatu. Bukan itu, ada banyak hal yang bisa di perhatikan dan banyak manfaatnya untuk anak-anak usia dini saat melakukan kegiatan menggunting.

Banyak bunda-bunda yang takut bila ananda memegang gunting, padahal benda tersebut pasti ada dirumah dan secara tanpa sadar orang dewasa melakukan kegiatan menggunting di hadapan ananda, apakah ananda akan merespons kegiatan tersebut..??? yaa pasti bagi anak kegiatan tersebut menarik keingintahuannya terhadap benda modern sederhana ini,  lhoo kok bisa di bilang modern sederhana…yaa bagi kami guru AUD memperkenalkan benda-benda modern sederhana hal yang sangat menyenangkan kepada anak-anak karena keingintahuannya yang luaarrr biasa.

Pada usia play group di sekolah anak-anak sudah di perkenalkan dengan gunting tentu saja dengan gunting khusus untuk anak-anak usia play group dan  sebelum menggunakan gunting, guru akan memberikan informasi terkait fungsi dan kegunaan gunting tersebut dengan bahasa positif, saat anak-anak berkegiatan dengan gunting, guru ataupun orang dewasa wajib mengawasi.

Alhamdulillah, semester genap ini anak-anak play group sudah di perkenalkan dengan gunting, saat ini anak-anak sedang membuat karya topi koki. Pola guntingnya masih sederhana yakni menggunting garis lurus, setelah anak-anak belajar memegang gunting dengan benar, dapat menggerakkannya kemudian mencoba untuk menggunting, biasanya pada tahap ini anak-anak baru menggunting tepian kertas belum memotong kertas sampai habis. Apabila dirasa oleh anak-anak sudah bisa menggunakan gunting mereka akan mencoba menggunting potongan kecil pada kertas.

Pada tahap ini orang dewasa bisa menstimulus motorik halus anak-anak. Ada banyak manfaat ketika ananda berkegiatan menggunting yakni;

  • Melatih motorik halus anak. Menggunting merupakan salah satu ajang melatih motorik halus anak selain menulis, menempel, meronce, dan lain-lain.
  • Stimulasi kekuatan dan ketahanan jemari anak. Saat menggunakan gunting, anak memusatkan kekuatan menggerakkan gunting pada 2 buah jarinya.
  • Melatih koordinasi antara mata dengan tangan. Saat menggunting, anak belajar mengoordinasikan gerakan tangan kanan yang memegang gunting dan kiri memegang kertasnya, serta mata yang mengikuti gerakan gunting tersebut.
  • Melatih konsentrasi dan kesabaran. Awal-awal menggunting, anak-anak sangat tidak sabar, hingga kadang-kadang langsung menarik kertas hingga sobek. Tapi, guru atau orang tua dapat memberitahu dan memberi semangat, bahwa jika memotong kertas dengan gunting maka hasilnya akan lebih rapi.
  • Melatih percaya diri.  Saat anak-anak berhasil menggunting selembar kertas dari satu sisi ke sisi yang lain sendiri. Hal ini membuatnya percaya diri untuk menggunting banyak kertas lainnya.

Dengan bisa nya anak menggunakan gunting, ada banyak hal yang anak dapat lakukan sendiri baik saat membuat hasil karyanya bahkan saat membuka makanannya.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by