• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Amanah yang Luar Biasa

Oleh: Retno Ningsih, S.Si

Baru pertama kali ini saya menuliskan kisah pengalaman mengajar sebagai guru matematika di SMP An Nahl Islamic School. Khususnya ketika saya diamanahi mengajar di kelas IX. Dan tahun ini adalah tahun ke-4 saya diamanahi kembali sebagai walas dan juga mengajar mapel matematika di kelas IX.

Ketika diamanahi tugas yang luar biasa berat ini ada perasaan takut, khawatir dan juga ragu, karena segudang asa untuk mereka yang merupakan tahun terakhir bersekolah di SMP An Nahl Islamic School. Banyak sekali persiapan – persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi Ujian akhir di kelas IX dan tentunya  hal – hal tersebut membuat kepusingan dan keluh kesah pada diri sendiri dan keluh kesah di antara siswa kelas IX Dalam menghadapi serentetan kegiatan untuk menunjang nilai akhir dan kelulusan mereka.

Tidak sedikit siswa yang mencurahkan isi hatinya pada saya,  dan saya merasa senang, karena mereka percaya dan nyaman untuk  membagikan ceritanya kepada saya. Sehingga saya bisa mengetahui apa yang menjadi keluh kesah  dan kendala mereka saat itu.

Namanya saja siswa, terkadang ada saja pertanyaan yang membuat saya bingung untuk menjawabnya sehingga membuat saya harus putar otak, berseluncur didunia maya, membaca buku ataupun berguru kepada ahlinya agar dapat menemukan jawaban yang tepat . Saya sangat bersyukur karenanya maka bertambah ilmu dan pengetahuan saya.

Adapun pertanyaan yang sering dilontarkan kepada saya dan hampir disetiap angkatan yaitu “Ms bagaimana supaya nilai UN saya bagus?’’. Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, biasanya saya luruskan dulu pemahaman mereka bahwa “belajar bukan karena mau ujian, belajar itu adalah kewajiban setiap muslim” . Lalu, bagaimana agar mendapat nilai yang bagus saat UN?’’ belajarlah dari bilangan prima”. Apa itu bilangan prima?’’ bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor”, yaitu satu (1) dan bilangan itu sendiri”, artinya, ”jika engkau ingin sukses UN maka hanya ada dua faktor, yaitu : 1 (Allah SWT) dan dirii sendiri.

Artinya takwa kepada Allah SWT , karena Allah berfirman bahwa “berdoalah kepadaKu, Aku akan mengabulkannya”. Maka berdoalah kalian kepada Allah, insyaa Allah, Allah akan mengabulkan apa yang menjadi keinginan dan ikhtiar kita.

Sedangkan yang kedua yaitu fokus pada diri sendiri, maknanya adalah berusaha dengan sungguh – sungguh, belajarlah dengan tekun dan taatilah apa yang menjadi ketentuan atau peraturan di sekolah. Dengan demikian kalian akan mendapatkan keberkahan ilmu dari guru – guru kalian. Allah berfirman “Sesungguhnya Aku tidak akan mengubah suatu kaum, sehingga mereka (suatu kaum) itu sendiri yang mengubah keadaan mereka. “

Berdoa dan berusaha harus dilakukan bersamaan dengan istiqomah agar hasilnya maksimal. Karena sesungguhnya doa tanpa usaha itu bohong dan usaha tanpa doa itu sombong. Pesan dari Ms Retno untuk anak-anakku khususnya kelas IX,  berproseslah dengan benar dan ikhlas, InsyaAllah kalian akan menikmati hasilnya kelak.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Bantuan