• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Beraksi dalam presentasi

Oleh: Mrs. Mira Irmawati, S.H.I (Kepala Sekolah SMP An Nahl Islamic School)

Kecakapan abad 21 merupakan kompetensi yang ditargetkan kemendikbud bagi seluruh siswa Indonesia, melalui jargon 4C (chritical thinking, creativity, collaboration, and communication) kurikulum 2013 diharapkan mampu mempersiapkan siswa Indonesia menjadi pribadi yang mempunyai keempat skill tersebut.
Sebagai sekolah Islam yang berada di bawah naungan kemendikbud, sudah sepatutnya SMP An Nahl Islamic School Mendukung kebijakan tersebut dalam mendesain program-programnya. Salah satu program SMP An Nahl Islamic School yang mendukung kebijakan tersebut dan dituangkan dalam standar kompetensi Lulusan smp An Nahl Islamic School adalah kegiatan “Student Presentation”

Kegiatan Student Presentation adalah kegiatan presentasi siswa yang wajib dilakukan untuk melatih keterampilan komunikasi bahasa inggris/Arab siswa, kreatifitas dan kemampuan membuat power point presentations, serta tentunya melatih analisa dan membiasakan bersikap kritis. Kegiatan ini merupakan penilaian tengah semester yang wajib dilakukan siswa setiap semesternya.

Hari Rabu, 30 September 2020 adalah kegiatan Student Presentation pertama yang dilakukan pada masa pandemi, biasanya siswa mempresentasikan kegiatan ini di sekolah di hadapan orangtuanya dan orangtua teman sekelasnya, maka saat ini kegiatan tersebut kita lakukan secara virtual, bersama wali kelas dan orangtua. Siswa kelas 7 mempresentasikan rencana dan cita-cita jangka pendek dan panjang mereka, sementara kelas 8 materi akademik di kelas, dan kelas 9 mempresentasikan proyek aquaponik yang telah dilaksanakan selama hampir 3 bulan. Kegiatan dimulai pukul 07.30 s.d 09.30 bagi siswa kelas 7 dan 8, serta pukul 09.30 s.d 12.00 bagi siswa kelas 9. Pembagian kelompok kami lakukan berdasarkan kelas dan absensi, namun karena beberapa kelas memiliki siswa yang banyak, maka kami pecah kembali menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok didampingi guru pembimbing (di antaranya wali kelas) dan host serta dipantau oleh wakil kepala sekolah bagian kesiswaan Mr. Zaki Waluya, S.Pd dan kepala sekolah SMP Ms. Mira Irmawati, S.H.I

Kegiatan berlangsung dengan lancar, koneksi dan jaringan juga stabil sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan presentasi dengan lancar dan maksimal. Orangtua siswa juga sangat antusias dan mengapresiasi kinerja tim SMP dalam mempersiapkan kegiatan ini, hal ini terbukti dengan banyaknya orangtua yang merasa puas dengan presentasi putra putri mereka dan berpartisipasi mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi kepada siswa.

Dari seluruh siswa SMP An Nahl Islamic School yang melakukan presentasi, terpilihlah 8 siswa terbaik yang akan mempresentasikan kembali materinya dalam bentuk video dan akan kami tayangkan live on youtube pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 pukul 08.00. Para kandidat best student presentation adalah:
🌻Said Alfaiz Rumi kelas 7A
🌻Diandra Alexia 7B
🌻Bintang Adhinata 8 A
🌻Fahira Khairiya Adelia 8B
🌻M. Havidhani alghifari 9A
🌻M. Raid Dzakwan 9B
🌻Beby Kamea 9C
🌻Alzena Mahirah 9D

Selamat kepada para kandidat, video kalian akan di upload ke youtube pada hari Senin, 12 Oktober 2020 sekaligus pengumuman the best student presentation.

Semoga kegiatan ini membantu siswa berbekal diri dalam mèmpersiapkan masa depannya.

pemuda_generasi_lebah

Student_presentation

Smp_AnNahl_islamic_school

Education_for_better_leaders

kurikulum_iman_alquran_dan_adab_KURMAA

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Bantuan