• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Berkhidmat untuk Agama Allah ﷻ dengan Qur’an dan Sunnah

Oleh: Masduki, S.Pd.I (Wakil Kesiswaan SD)

TARHIB RAMADHAN 1442

SD AN NAHL ISLAMIC SCHOOL

Selasa, 6 April 2021

Alhamdulillah kegiatan Tarhib Ramadhan SD An Nahl Islamic School dapat berjalan dengan baik dan itu semua tidak terlepas atas pertolongan dan izin Allah ﷻ. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 April 2021 yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 – 6 dan guru SD An Nahl Islamic School.

Kegiatan Tarhib Ramadhan 1442 H kali ini masih virtual karena qodarullah terkendala terkait situasi pandemi covid 19, akan tetapi walau via zoom meet alhamdulillah antusias siswa dan guru tetap semangat dan seru mengikuti kegiatan Tarhib Ramadhan 1442 H.

Acara Tarhib terbagi menjadi beberapa kegiatan dengan menggunakan link zoom meet yang berbeda, alasannya karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan materi yang akan disampaikan dengan metode yang berbeda namun tetap satu tujuan yaitu sesuai tema kita kali ini yaitu “Berkhidmat untuk Agama Allah ﷻ dengan Qur’an dan Sunnah.”

Pukul 07.30 ruang-ruang zoom meet sudah dipadati pengunjung sesuai gradenya. Sebelum acara Tarhib Ramadhan seluruh siswa dan guru yang sudah hadir dalam zoom meet membaca dzikir pagi dan petang kemudian setelah itu lanjut dengan acara inti yaitu Tarhib Ramdhan.

Adapun pembagian kelompok ruang link zoom adalah kelas 1 dengan 2, kelas 3 dengan 4, kelas 5, dan kelas 6. Kegiatan kelas 1 dengan kelas 2 diisi oleh narasumber kondang yang dibintangi oleh Ust Agus yang berperan sebagai cucu dan Mr Edwar sebagai kakek, siswa disuguhkan kisah tentang seorang cucu yang sedang melaksanakan ibadah berpuasa, namun karena lapar ia melihat makanan dan dengan lugunya melihat kanan dan kiri tidak ada orang, kemudian ia memakan dan minum beberapa makanan yang ada dihadapannya, namun tanpa sadar ada kakek dibelakngnya yang memergokinya yang sedang asik makan dan minum. Dan momen ini yang paling seru dan serentak tertawa bagi siapa saja yang melihatnya.

Untuk kelas 3 dengan 4 diisi oleh Ust. Sun’an melalui video pantomime diawal kegiatan sebagai pengantar materi yang akan disampaikan oleh beliau tentang Tarhib Ramdhan. Metode yang unik dan perdana oleh Ust. Sun’an adalah tidak kalah seru dengan kisah sang kakek dan cucu yang ada di kelas 1 dengan 2.

Qodarulloh untuk kegiatan kelas 3 dengan 4 ada kendala tekhnis kekuatan sinyal yang tidak stabil pada narasumber sehingga sempat keluar masuk namun alhamdulillah dapat teratasi oleh Ms dan Mr pada saat waktu bersamaan, dan alhamdulillah acara lancer sampai akhir setelah itu.

Adapun untuk kegiatan kelas 5 dengan 6 mereka tidak digabung 1 link zoom melainkan menggunakan 2 link zoom yang berbeda. Acara untuk kelas 5 dengan 6 adalan resensi film ashaabi Rasululloh ﷺ yang dipandu oleh Ust. Akbar untuk kelas 5 dan Ust. Cahya untuk kelas 6. Harapannya setelah anak-anak melihat tayangan film dapat mengambil ibrah ashaabi bahwa keteguhan iman dan kesabaran tingkat tinggi walau diberikan ujian berupa siksaan dari orang-orang kafir mereka tetap kokoh dan teguh pendirian terhadap Agama Allah ﷻ yaitu Islam.

Alhamdulillah rangkain acara demi acara sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar dari kelas 1 – 6 semuat atas izin Allah ﷻ dan kerja keras teman-teman panitia, ms dan mr yang sudah membantu mensukseskan acara Tarhib Ramadhan 1442 H.

Tidak lupa pula kami ucapkan jazakumullohu khoir wa syukron jaziilan atas kerjasama panitia Tarhib Ramdhan, Ms/Mr, parents dan seluruh hamba Allah ﷻ yang sudah membantu sehingga terselenggarakannya acara ini.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by