• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

CATATLAH SEJARAH SEBAGAI PENGEMBAN SYARI’AH

Oleh: Muhammad Cahya Nurhakim, Lc

Sejarah adalah pelajaran berharga dalam kehidupan kita, terlebih kita sebagai muslim dan mu’min. Banyak hal yang dapat kita ambil dari sejarah sebagai pelajaran kehidupan, bahkan sepertiga Al Quran pun berisi tentang sejarah. Salah satu bukti bahwa sejarah memberikan kita pelajaran berharga yang wajib untuk kita catat antara lain :

  1. Sejarah mengajarkan kita bersyukur (Qs 2:40, Qs 2:54, Qs 2:61-74)

Salah satu kisah yang fenomenal dalam kehidupan kita bahkan Alloh subhaanahu wata’alaa abadikan di dalam Al Quran yaitu kisah Bani Israil. Mereka tidak pernah bersyukur atas apa yang telah Alloh berikan kepada mereka. Nabi dan Rosul silih berganti Alloh ta’alaa utus kepada mereka tetapi mereka enggan untuk bersyukur, bahkan Sebagian besar dari mereka malah menolak dan membunuh nabi mereka. Dengan perbuatan mereka seperti ini maka Alloh ta’alaa murkai mereka sampai akhir zaman.

2. Sejarah mengajarkan kita bersabar ( Qs 12 : 1-111)

Nabiyyulloh Yusuf a’laihissalam yang Alloh ta’alaa abadikan menjadi salah satu nama surat di dalam Al Quran, mengajarkan kepada kita tentang arti kesabaran sesungguhnya, kita tahu bagaimana beliau a’laihissalam di dzolimi, difitnah, dipenjara bahkan disiksa. Akan tetapi buah dari kesabaran beliau Alloh ta’alaa suguhkan hadiah terbesar baginya yaitu dunia dan akhirat. Di dunia beliau menjadi Rosul Alloh, dan di akhirat beliau menjadi salah satu penghuni syurgaNya.

Cukuplah 2 kisah fenomenal tadi mengajarkan kita tentang arti sejarah yang sesungguhnya, jika kita termasuk dari sebagian orang-orang yang berfikir.

Hal ini yang terus kita tanamkan kepada anak didik kita agar mereka tidak tersesat bahkan menjadi insan yang sangat dimurkai Alloh Ta’alaa.

Catatlah Sejarah Sebagai Pengemban Syari’ah  adalah pesan yang ditujukan untuk kami dan anak didik kami, agar mereka kelak akan belajar dari sejarah. Belajar dari kesalahan supaya menjadi insan yang bermanfaat, belajar dari hal yang benar supaya menjadi insan yang lebih bermartabat. Pengemban syari’ah yang suci tidaklah cukup belajar dari pengalaman diri, akan tetapi lebih dari itu kita semua patut belajar dari mereka yang Alloh berikan petunjuk mulia untuk mengemban syari’ahnya.  Graduation grade 6 ini adalah sebagian momentum kecil dari sejarah  yang mereka dapatkan untuk menempuh kehidupan Pendidikan yang baru. Adab yang mereka amalkan, Al Quran yang mereka lantunkan serta akhlaq yang mereka tuai akan menjadi bukti sejarah sebagai salah satu dari syari’ah yang mereka emban.

Catatlah Sejarah sebagai Pengemban Syari’ah adalah harapan kami untuk diri kami dan untuk anak didik kami. Semoga Amanah ini mendapat keberkahan dan keridhoan dari sang maha tinggi Alloh Robbul I’zzah.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Bantuan