• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Hari Bumi “Kreasi dan Drama Ecobrick”

Oleh: Dina Novita, SS (Guru TK A)

Alhamdulillah kegiatan Hari Bumi Kamis, 8 April 2021 telah dilaksanakan secara virtual. Antusias anak-anak PGTK An Nahl Islamic School sangat terlihat saat mereka menunjukkan bahan-bahan untuk membuat ecobrik. Tujuan kegiatan hari bumi pada kesempatan ini adalah pemanfaatan limbah plastik, dimana sampah plastik ada dimana-mana. Guru memperlihatkan video singkat tentang bahayanya limbah plastik disekitar kita, dan video tentang pemanfaatan limbah plastik menjadi kreasi ecobrick.

MasyaAllah..kegiatan hari Bumi secara virtual ini sangat interaktif, atas dukungan seluruh guru-guru, siswa-siswi PGTK An Nahl Islamic School dan 3 pemandu acara yang sholihah yaitu mrs Dinov, Mrs Tantri dan Mrs Septi. Di sessi pertama, yaitu jam 08.30-09.30 anak-anak sangat antusias membuat kreasi ecobrick. Di sessi kedua, yaitu jam 10.00-11.00, anak-anak sangat menunggu kegiatan drama ecobrick yang diperankan oleh Mr Ayub sebagai ayah, Mrs Nisa sebagai anak, dan Miss Sani sebagai ibu. Mr Ayub, Mrs Nisa dan Miss Sani menggunakan boneka jari saat drama ecobrick berlangsung. Drama ini menceritakan bagaimana kondisi lingkungan di sekitar yang sudah tercemar karena sampah plastik. Dan didalam cerita ini juga mengajak anak-anak untuk menjaga bumi, yaitu salah satunya membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis sampahnya, dan mengurangi sampah plastik, juga memberi kesempatan  untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi kreasi yang bermanfaat, seperti kreasi ecobrik menjadi meja tamu, kursi, gapura dan lain sebagainya. AllahuAkbar…semoga bumi kita tetap terjaga. Aamiin.

Sebagaimana firman Allah Azza Wa jalla QS. Ar Ruum ; 41-42, menjelaskan bahwa Allah Azza Wa Jalla menciptakan alam semesta dan segala isinya adalah untuk dimanfaatkan oleh manusia demi kesejahteraan hidup dan kemakmurannya. Manusia diangkat menjadi khalifah di bumi yang diamanati agar menjaga kelestarian alam. Sayangi Bumi…Allah sayang kita….

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by