• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Ifthor Jama’i SD An Nahl

Oleh: Erna Nismayanti, S.Pd.I

Bismillah..

Atas kehendak Alah ﷻ , telah dua kali Ramadhan umat muslim di dunia membersamainya dengan suasana keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi wabah Covid 19. Namun keterbatasan tersebut pada akhirnya tetap membuahkan rasa syukur dan sabar bagi orang-orang yang teguh pada keimanannya akan takdir Allah ﷻ .

Alhamdulillah, di Ramadhan masa Corona ke-2 ini, pemerintah telah memberikan keleluasaan aturan pembukaan masjid sebagai rumah ibadah dibanding tahun pertama penyebaran wabah. Tahun ini, umat muslim diperbolehkan untuk melakukan ibadah di masjid sepeti sholat wajib berjama’ah, sholat Jum’at dan sholat tarawih. Bahkan jika masjid hendak membuka adanya kegiatan itikaf pun sudah diperbolehkan, namun semua hal tersebut tetap harus mengedepankan protokol kesehatan demi menghindarkan diri dari penyebaran wabah yang mematikan ini. Alhamdulillah dimana hal tersebut pun mulai diterapkan pada masjid sekolah yaitu Masjid An Nahl Ciangsana yang telah mengusung beberapa program di bulan Ramadhan 1442 H.

Sejalan dengan hal tersebut, unit SD An Nahl Islamic School mulai melakukan beberapa penyesuaian kebijakan/ program untuk berperan serta aktif dalam menghidupkan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) An Nahl, diantaranya yaitu program pelaksanaan  ifthor jama’I siswa/I SD An Nahl Islamic School dari kelas satu hingga kelas enam, dan pelaksanaan ifthor jama’I untuk seluruh guru SD An Nahl Islamic School

Alhamdulillah, kegiatan yang direncanakan telah selesai berjalan. Diawali pada Senin 19 April 2021 dan berakhir pada Senin 26 April 2021. Kegiatan yang berlokasi di Masjid An Nahl dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Walaupun dengan prosentase kehadiran siswa dibawah 50% namun tidak mengurangi keseruan menikmati waktu berbuka puasa bersama teman-teman dan guru yang telah lama tidak dijumpai secara langsung. Ditambah adanya variasi program kegiatan sambil menunggu waktunya berbuka seperti mendatangkan tokoh Kentus sebagai tokoh yang disukai siswa/I kelas 1-3 karena kepolosannya, menonton drama pendek si Jalu, tausiyah bertema Ramadhan, games interaktif dan lain sebagainya, menjadi bagian dari sebuah apresiasi siswa/I yang telah hadir pada kegiatan tersebut.

“Menuju up normal.. tetap gunakan masker mu untuk melindungi saudara mu”

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by