• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Jenis Sampah

oleh Arief Wahyudi

Sampah menjadi permasalahan yang sejak dahulu belum terselesaikan. Pertambahan penduduk membuat jumlah sampah bertambah terus menerus. Ada banyak jenis sampah yang dihasilkan manusia setiap harinya.

Sampah merupakan hasil produksi manusia yang tidak akan pernah luput dari kehidupan sehari-hari. Lalu, jenis-jenis sampah apa yang biasanya kita hasilkan? Yuk, kenali jenis sampah berdasarkan sifatnya.

  1. Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk dan ia dihasilkan dari bahan-bahan non hayati seperti wadah plastik, pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, bahan logam, kaca, kaleng, dan lainnya.

Sampah ini tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme tanah. Apabila dibuang sembarangan, sampah anorganik akan menimbulkan pencemaran tanah.

  1. Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari bahan-bahan hayati, jenis sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun kering, dan sebagainya.

Sampah ini dapat diurai lebih lanjut menjadi kompos yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanaman.

  1. Sampah Beracun (B3)

Sampah B3 adalah limbah yang mengandung bahan berbahaya dan atau beracun. Seperti limbah rumah sakit, limbah pabrik, dan lain-lain. Menurut undang-undang Republik Indonesia No.18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, yang termasuk sampah B3 ialah sampah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Kemudian, sampah yang mengandung limbah B3. Selain itu, sampah yang timbul akibat bencana dan bongkahan puing bangunan.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Bantuan