• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Kenali Cara Berkomunikasimu

Oleh: Dini Nandiyah, S.Pd (Guru BK SMP An Nahl Islamic School)

Saat ini komunikasi menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan manusia. Apalagi kita dihadapkan dengan situasi pandemi covid 19 seperti ini, komunikasi menjadi salah satu hal yang paling beresiko ketika kita tidak menyampaikannya dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang kita inginkan.

Berbagai macam cara penyampaian komunikasi yang ada di lingkungan kita baik itu berupa lisan maupun tulisan. Di era digital seperti ini kita sering menggunakan media sosial untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi yang kita miliki. Tidak jarang dari media sosial ini pun banyak hambatan-hambatan serta kesalahpahaman dalam penyampaiannya.

Cara berkomunikasi yang kita lakukan biasanya ada tiga yaitu pasif, agresif dan asertif. Bentuk atau cara komunikasi yang pertama yaitu komunikasi pasif, yang berarti dalam berkomunikasi kita hanya meng”iya”kan tanpa berani untuk menolak. Biasanya komunikasi pasif ini dilakukan oleh orang yang tidak bisa berkata “tidak”. Contohnya si A mengajak si B untuk makan di luar, padahal si B membawa bekal dari rumah. Tetapi karena si B tidak enakan atau sungkan jadi dia mengiyakan ajakan si A. walaupun dia tahu kalau dia (si B) makan di luar pasti bekalnya akan mubazir. Tapi si B lebih mementingkan perasaan orang lain sehingga dia tidak peduli dengan dirinya.

Bentuk atau cara komunikasi yang kedua yaitu agresif, yang berarti dalam berkomunikasi dia tetap mempertahankan pendapatnya tanpa mempedulikan pendapat orang lain. Dan biasanya dalam proses menyampaikan pesan tersebut menggunakan cara yang kasar, membentak, dan cara-cara lain yang bisa menyakiti lawan bicaranya.

Bentuk atau cara komunikasi yang ketiga yaitu asertif, yang berarti komunikasi dilakukan secara efektif tanpa menyakiti lawan dan tanpa merugikan diri sendiri. Komunikasi asertif ini disampaikan dengan jujur dan penuh rasa hormat.  Komunikasi asertif ini dapat dimiliki oleh orang yang percaya diri dan bertanggung jawab. Seorang yang memiliki komunikasi asertif ini menangani konflik dengan mengekspresikan tujuan, pikiran dan perasaan mereka secara jelas dan langsung namun tanpa menyakiti atau merugikan orang lain. Dari 3 bentuk/cara komunikasi diatas, kira-kira teman-teman AIS memiliki komunikasi yang mana. Semua jenis komunikasi tersebut sebenarnya akan sangat bermanfaat ketika kita gunakan di situasi dan kondisi yang tepat. Tetap jaga etika komunikasi kita dengan orang lain ya agar tidak timbul kesalahpahaman.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Bantuan