• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Membangun Team Butuh Kesabaran

 

Oleh : Agus Fatah

Pemimpin itu ibarat pelatih sepak bola. Secara umum ada dua type pelatih sepak bola. Pertama ada type pelatih yang senang membangun team dari nol dengan melihat, mengembangkan dan memaksimalkan potensi team asuhannya.

Type kedua adalah type pelatih yang senang ambil jalan pintas, tidak sabar menunggu pertumbuhan dan perkembangan team asuhannya, pelatih type ini memilih membeli atau mengontrak pemain yang belum tentu cocok dengan team yang sedang dibangunnya. Padahal tidak ada jaminan membeli pemain atau mengontraknya akan membuat teamnya menjadi juara.

Banyak pelatih sepak bola yang sukses membawa teamnya menjadi juara karena mau berjuang bersusah payah membangun teamnya, salah satu diantaranya adalah Bung Indra Sjafri yang mampu membawa teamnya menjuarai AFF U19.

Klub papan bawah Leicester City yang beberapa waktu lalu berhasil menjuarai Liga Inggris, salah satu faktor kesuksesannya adalah karena sang pelatih mau bersusah payah membangun kekuatan teamnya sendiri dan percaya pada kemampuan teamnya.

Menjadi pemimpin itu memang harus sabar dalam membangun team, kalau tidak sabar team bisa bubar.

Memang banyak jalan menuju Roma, kata Raja dangdut bang Haji Rhoma Irama,
tapi jangan lupa bang Haji, Roma tidak dibangun dalam satu malam. Nabi Muhammad sendiri membangun team suksesnya ( Assabiqunal Awwalun) membutuhkan waktu 20 tahun lebih selama di Mekkah, dan hasilnya luar biasa, team sukses Rasulullah menjelma menjadi pribadi pribadi hebat dan menghebatkan generasi setelahnya.

Mari kita bersabar membangun team karena sesungguhnya, Allah bersama orang-orang yang sabar, dan insya Allah bersama kesulitan akan ada kemudahan.

” Selamat berjuang membangun team dengan hati riang, Insya Allah masa depan gemilang akan datang”

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Bantuan