A. Sekilas Tentang PG-TK An Nahl Islamic School
PG-TK An Nahl Islamic School, sekolah dengan tagline “Islamic Education for Better Leader” didirikan untuk berkontribusi membangun bangsa dengan menyiapkan calon pemimpin tangguh melalui sekolah bernuansa Islam dengan metode belajar yang modern.
PG-TK An Nahl Islamic School didukung konsultan pendidikan yang berpengalaman dan mengembangkan keunggulan pendidikannya dengan metode pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT) serta terintegrasi dengan kurikulum Iman, Al Quran dan Adab (KURMAA) yang menekankan pada nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter serta eksplorasi kemampuan untuk memimpin.
PG-TK An Nahl memiliki Visi yang mendukung Visi dan Misi sekolah yaitu: Membentuk anak yang mandiri, berfikir kritis dan berkarakter qurani.
Adapun misinya yaitu:
B. Kurikulum
PG TK An Nahl Islamic School didukung konsultan pendidikan yang berpengalaman dan mengembangkan keunggulan pendidikannya yang berbasis Diknas dengan metode pendekatan BCCT (Beyond Center Circle Time) dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam yang diperkuat dengan pembentukan karakter serta eksplorasi kemampuan untuk memimpin.
Kurikulum PG TK An Nahl Islamic School merupakan program pembelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Program pembelajaran tersebut disesuikan dengan bidang pengembangan yang meliputi aspek perkembangan:
Kurikulum Diknas tersebut dibingkai dengan metode :
Beyond Center Circle Time (BCCT)
Konsep belajar seraya bermain, sesuai dengan kebutuhan anak usia dini sehingga penyerapan pembelajaran secara menyenangkan lebih mudah diserap anak. Pembelajaran dengan pendekatan BCCT atau lebih dikenal dengan sebutan sentra, yang merupakan metodologi pendekatan anak usia dini yang mengikuti perkembangan anak, dengan permainan yang terarah dan memiliki tujuan yang jelas.
Sentra merupakan wadah untuk membangun anak yang meliputi 6 aspek perkembangan yakni Nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni, 7 multiple intelegence, sikap-sikap positif dalam Al quran melalui 3 jenis main dan 5 kontinum pendampingan, agar knowledge tersebut masuk ke anak secara teratur, sistematis, terarah sehingga memudahkan anak menganalisa dan mengambil kesimpulan
Adapun sentra yang kami rancang sebagai pusat pengembangan potensi peserta didik adalah sebagai berikut:
a. Sentra Iman dan Taqwa
Memfasilitasi anak untuk mengenal dan membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosi sejak usia dini, melalui 6 aspek rukun iman dan 5 aspek rukun islam yang terintegrasi keseluruh sentra. Kegiatan bermain dilengkapi dengan alat-alat permainan edukatif yang bernuansa keagamaan.
b. Sentra Persiapan
Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman keaksaraan dan aturan-aturan yang diperlukan dalam persiapan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dengan menggunakan alat-alat permainan edukatif yang mendukung tahap perkembangan anak.
c. Sentra Main Peran
Memfasilitasi anak dalam bermain peran dengan memberikan kesempatan pada anak untuk bermain pura-pura yang memproyeksikan diri ke masa depan, mengembangkan keterampilan khayalan yang positif, dengan menggunakan alat permainan yang mendukung permainan sentra peran.
d. Sentra Bahan Alam
Memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman main sensori motor dengan menggunakan alat dan bahan main yang dapat mendukung dan mengembangkan kematangan motorik anak yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis, keterampilan berolah tangan dan menstimulasi system kerja otak anak.
e. Sentra Balok
Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman untuk mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimilikinya menjadi karya nyata dalam bentuk konstruksi bangunan dengan menggunakan alat permainan balok.
f. Sentra Seni
Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman seni dan kreatifitas dalam mewujudkan ide, gagasan dan pengalaman yang dimiliki anak menjadi kerja nyata, melalui metode proyek yang mengembangkan teknik dan pembuatan sebuah karya sederhana.
g. Sentra Olah Tubuh
Memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan motoric kasarnya melalui gerakan dan permainan – permaian yang bersifat fisik untuk melatih kekuatan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan tubuh.
Keislaman
PG-TK An Nahl Islamic School memeiliki kurikulum muatan lokal yakni Kurikulum Iman, Al Quran dan Adab (KURMAA) yang mana guru akan selalu mengaitkan setiap materi pembelajaran dengan keimanan kepada Alloh SWT dengan didukung oleh ayat-ayat Al Quran yang terkait dengan materi sehingga siswa akan lebih mengenal agamanya dan menjadi siswa yang memiliki karakter sholeh/sholeha. Hal tersebut dialirkan dengan pengenalan adab-adab Islami, Tahfidz Juz 30, hadist-hadist dan do’a-do’a sederhana yang lebih menekankan pada pembiasaan (akhlak) sehari-hari seperti cara berteman, adab minum dan makan, yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, serta praktek wudhu dan sholat. Setiap kegiatan yang dilakukan selalu dikaitkan dengan Islam dan kebesaran Allah SWT.
Bilingual
Memperkenalkan Bahasa Inggris menjadi kelebihan An Nahl untuk menyiapkan siswanya agar terbiasa mendengar dan dapat mengucapkan kata sederhana dalam bahasa inggris. Program Bilingual PG-TK An Nahl Islamic School diantaranya English Time dan pengenalan instruksi Bahasa Inggris sederhana.
C. Kegiatan
Adapun kegiatan kesiswaan yang mendukung pengembangan diri siswa terdiri dari:
1. Kegiatan Terdepan, yang terdiri dari :
2. Kegiatan Leadership, yang terdir dari :
3. Kegiatan Bilingual, terdiri dari
4. Kegiatan Keislaman, terdiri dari :
D. Jam Sekolah & Seragam
Jam Sekolah
Jenjang | Senin - Kamis | Jum'at |
---|---|---|
PG – TK A | 07.30 – 11.30 | 07.30 – 11.00 |
TK B | 07.30 – 13.30 | 07.30 – 11.00 |
Pemakaian Seragam Sekolah
Hari | Seragam |
---|---|
Senin | Seragam Kotak-kotak |
Selasa | Batik |
Rabu-Kamis | Bebas muslim |
Jum'at | Olah raga |
E.Tata Tertib
1. Kedislipinan
2. Snack Time
3. Kemandirian
4. Perayaan Ulang Tahun
Tidak diperkenankan merayakan ulang tahun di sekolah.
5. Mengantar Dan Menjemput Siswa