• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Preschool

sd

A. Sekilas Tentang PG-TK An Nahl Islamic School

PG-TK An Nahl Islamic School, sekolah dengan tagline “Islamic Education for Better Leader” didirikan untuk berkontribusi membangun bangsa dengan menyiapkan calon pemimpin tangguh melalui sekolah bernuansa Islam dengan metode belajar yang modern.

PG-TK An Nahl Islamic School didukung konsultan pendidikan yang berpengalaman dan mengembangkan keunggulan pendidikannya dengan metode pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT) serta terintegrasi dengan kurikulum Iman, Al Quran dan Adab (KURMAA) yang menekankan pada nilai-nilai keislaman dalam pembentukan karakter serta eksplorasi kemampuan untuk memimpin.

PG-TK An Nahl memiliki Visi yang mendukung Visi dan Misi sekolah yaitu: Membentuk anak yang mandiri, berfikir kritis dan berkarakter qurani.

Adapun misinya yaitu:

Membangun anak berakhlak mulia dan hafal al quran juz 30
Melaksanakan pembelajaran kreatif dan inovatif dalam membangun kemandirian anak untuk melayani kebutuhan dan mengatasi permasalahannya sendiri.
Membangun berfikir kritis anak melalui pengalaman bermain – bermakna
Mengenal Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
B. Kurikulum

PG TK An Nahl Islamic School didukung konsultan pendidikan yang berpengalaman dan mengembangkan keunggulan pendidikannya yang berbasis Diknas dengan metode pendekatan BCCT (Beyond Center Circle Time) dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam yang diperkuat dengan pembentukan karakter serta eksplorasi kemampuan untuk memimpin.

Kurikulum PG TK An Nahl Islamic School merupakan program pembelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Program pembelajaran tersebut disesuikan dengan bidang pengembangan yang meliputi aspek perkembangan:

Moral dan Nilai-nilai agama
Sosial Emosional
Bahasa
Kognitif
Fisik Motorik
Seni

Kurikulum Diknas tersebut dibingkai dengan metode :

annahl preschool

Beyond Center Circle Time (BCCT)

Konsep belajar seraya bermain, sesuai dengan kebutuhan anak usia dini sehingga penyerapan pembelajaran secara menyenangkan lebih mudah diserap anak. Pembelajaran dengan pendekatan BCCT atau lebih dikenal dengan sebutan sentra, yang merupakan metodologi pendekatan anak usia dini yang mengikuti perkembangan anak, dengan permainan yang terarah dan memiliki tujuan yang jelas.

Sentra merupakan wadah untuk membangun anak yang meliputi 6 aspek perkembangan yakni Nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni, 7 multiple intelegence, sikap-sikap positif dalam Al quran melalui 3 jenis main dan 5 kontinum pendampingan, agar knowledge tersebut masuk ke anak secara teratur, sistematis, terarah sehingga memudahkan anak menganalisa dan mengambil kesimpulan

Adapun sentra yang kami rancang sebagai pusat pengembangan potensi peserta didik adalah sebagai berikut:

a. Sentra Iman dan Taqwa

Memfasilitasi anak untuk mengenal dan membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosi sejak usia dini, melalui 6 aspek rukun iman dan 5 aspek rukun islam yang terintegrasi keseluruh sentra. Kegiatan bermain dilengkapi dengan alat-alat permainan edukatif yang bernuansa keagamaan.

b. Sentra Persiapan

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman keaksaraan dan aturan-aturan yang diperlukan dalam persiapan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dengan menggunakan alat-alat permainan edukatif yang mendukung tahap perkembangan anak.

c. Sentra Main Peran

Memfasilitasi anak dalam bermain peran dengan memberikan kesempatan pada anak untuk bermain pura-pura yang memproyeksikan diri ke masa depan, mengembangkan keterampilan khayalan yang positif, dengan menggunakan alat permainan yang mendukung permainan sentra peran.

d. Sentra Bahan Alam

Memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman main sensori motor dengan menggunakan alat dan bahan main yang dapat mendukung dan mengembangkan kematangan motorik anak yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis, keterampilan berolah tangan dan menstimulasi system kerja otak anak.

e. Sentra Balok

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman untuk mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimilikinya menjadi karya nyata dalam bentuk konstruksi bangunan dengan menggunakan alat permainan balok.

f. Sentra Seni

Memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman seni dan kreatifitas dalam mewujudkan ide, gagasan dan pengalaman yang dimiliki anak menjadi kerja nyata, melalui metode proyek yang mengembangkan teknik dan pembuatan sebuah karya sederhana.

g. Sentra Olah Tubuh

Memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan motoric kasarnya melalui gerakan dan permainan – permaian yang bersifat fisik untuk melatih kekuatan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Keislaman

PG-TK An Nahl Islamic School memeiliki kurikulum muatan lokal yakni Kurikulum Iman, Al Quran dan Adab (KURMAA) yang mana guru akan selalu mengaitkan setiap materi pembelajaran dengan keimanan kepada Alloh SWT dengan didukung oleh ayat-ayat Al Quran yang terkait dengan materi sehingga siswa akan lebih mengenal agamanya dan menjadi siswa yang memiliki karakter sholeh/sholeha. Hal tersebut dialirkan dengan pengenalan adab-adab Islami, Tahfidz Juz 30, hadist-hadist dan do’a-do’a sederhana yang lebih menekankan pada pembiasaan (akhlak) sehari-hari seperti cara berteman, adab minum dan makan, yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, serta praktek wudhu dan sholat. Setiap kegiatan yang dilakukan selalu dikaitkan dengan Islam dan kebesaran Allah SWT.

Bilingual

Memperkenalkan Bahasa Inggris menjadi kelebihan An Nahl untuk menyiapkan siswanya agar terbiasa mendengar dan dapat mengucapkan kata sederhana dalam bahasa inggris. Program Bilingual PG-TK An Nahl Islamic School diantaranya English Time dan pengenalan instruksi Bahasa Inggris sederhana.

C. Kegiatan

Adapun kegiatan kesiswaan yang mendukung pengembangan diri siswa terdiri dari:

1. Kegiatan Terdepan, yang terdiri dari :

Sentra
Manasik Haji
Qurban
Iftor Jama’i

2. Kegiatan Leadership, yang terdir dari :

Berenang
Outbond
Berkuda
Fun Cooking
Berkebun
Fieldtrip
Berkunjung Ke Kedokter Gigi
Visualisasi Tema
Puncak Tema
Kelulusan TK B

3. Kegiatan Bilingual, terdiri dari

Instruksi Bahasa Inggris sederhana
English Time

4. Kegiatan Keislaman, terdiri dari :

Tahfidz
Tahsin
Berkisah
D. Jam Sekolah & Seragam
Jam Sekolah
JenjangSenin - KamisJum'at
PG – TK A07.30 – 11.3007.30 – 11.00
TK B07.30 – 13.3007.30 – 11.00
Pemakaian Seragam Sekolah
HariSeragam
SeninSeragam Kotak-kotak
SelasaBatik
Rabu-KamisBebas muslim
Jum'atOlah raga
E.Tata Tertib

1. Kedislipinan

Datang tepat pada waktunya (7.30) ; dikatakan terlambat jika hadir pukul 7.35
Memakai seragam yang dijadwalkan
Menutup aurat
Memakai sepatu
Meminta ijin bila ingin melakukan sesuatu
Sayang teman
Mengucapkan salam bila bertemu fasilitator dan memasuki kelas
Berjalan di dalam ruangan
Jika Ananda melakukan sesuatu yang belum diharapkan terjadi pada usianya, maka akan dikomunikasikan dengan orang tua yang bersangkutan, dan sekolah menjadi mediator

2. Snack Time

Ananda membawa makanan dari rumah dengan syarat berupa makanan sehat tanpa MSG, pengawet dan pewarna
Ananda tidak diijinkan membawa permen dan chiki
Disiapkan piring berbagi disekolah, agar Ananda belajar berbagi.

3. Kemandirian

Diharapkan orang tua mendukung kemandirian Ananda disetiap kegiatan sekolah.
Diijinkan bagi Ananda yang perlu waktu merasa nyaman disekolah untuk didampingi orang tua/wali dengan kesepakatan.
Selama jam sekolah, orang tua siswa atau wali siswa yang tidak berkepentingan dalam urusan KBM tidak diperkenankan berada di sekitar area kelas.

4. Perayaan Ulang Tahun

Tidak diperkenankan merayakan ulang tahun di sekolah.

5. Mengantar Dan Menjemput Siswa

Sebelum meninggalkan kelas Ananda harus memperhatikan barang-barang yang dibawanya agar tidak tertinggal disekolah
Jika ada barang yang tertinggal orang tua atau wali siswa segera menghubungi pihak sekolah
Ananda dijemput tepat waktu.
Ananda akan didampingi oleh fasilitator ketika menunggu jemputan.
Dispensasi penjemputan maksimal 30 menit. Bila lebih dari waktu tersebut maka akan dimasukkan kedalam jam extend.
Pengantar dan penjemput berpakaian sopan (perempuan wajib menutup aurat)
– An Nahl Sekolah Islam Bilingual Cibubur –
Open chat
Powered by