• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Primary

primary

Sekilas Tentang SD An Nahl Islamic School

A. Visi Sekolah

“Mewujudkan sekolah berlandaskan iman, Al Quran, berwawasan lingkungan dan global untuk membentuk pemimpin Qurani. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkan tujuan sekolah secara berkelanjutan.“

B. Misi Sekolah

  1. Menumbuhkan keimanan siswa dengan menjadikan  Al Quran  dan sunnah sebagai pedoman hidupnya.
  2. Mengedepankan adab-adab islam dalam bersikap dan bertutur kata.
  3. Menjadikan siswa hafal Al-Quran 3 juz.
  4. Menjadikan siswa kuat jasmani dan rohani .
  5. Menjadikan siswa unggul dalam bakat minat, ilmu pengetahuan, bahasa asing, dan teknologi.
  6. Membina siswa untuk peduli kepada lingkungan sekitar.

 

C. Tujuan Sekolah 

Umum

  1. Mewujudkan komitmen SD AN Nahl Islamic School yang mengedepankan keimanan, adab, dan Al Quran.
  2. Mewujudkan sekolah yang melahirkan calon-calon pemimpin Qurani di masa yang akan datang.
  3. Menumbuhkan produktivitas dan integritas personal di dalam komitmen organisasi.
  4. Memiliki sarana prasarana pendidikan yang baik, modern dan cukup.
  5. Memiliki tenaga guru, staff TU dan penjaga yang kompeten dan berdaya saing tinggi
Khusus
  1. Tercapainya angka KKM semua mata pelajaran oleh setiap peserta didik.
  2. Tercapainya tingkat kehadiran individual dalam pembelajaran efektif, maksimal 98%.
  3. Tercapainya kondisi kesiapan fungsi-fungsi sekolah berstandar nasional pendidikan.
  4. Tercapainya proses pembelajaran yang mengkaitkan dengan keimanan pada Allah Subhanahuwata’ala  dan hari akhir.
  5. Tercapainya angka kenaikan kelas, kelulusan dan melanjutkan 100%
D. Profil Lulusan

Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan profil lulusan SD Islam An Nahl yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2019/2020 adalah  :

  • Siswa terbiasa berdialog iman.
  • Siswa terbiasa shalat lima waktu.
  • Siswa terbiasa puasa wajib bulan Ramadhan.
  • Siswa terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
  • Siswa mempunyai hafalan 3 juz .
  • Siswa berucap dan bersikap sesuai dengan adab-adab Islam.
  • Siswa memiliki fisik dan mental yang kuat.
  • Siswa memiliki kemampuan dasar yang kuat dalam literasi bacaan dan angka.
  • Siswa memiliki vocabulary yang banyak dan dapat berdialog sederhana bahasa Inggris atau Arab .
  • Siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungannya.

 

E. Profil Siswa Perkelas 

Untuk mewujudkan profil lulusan secara bertahap maka dibuat profil masing-masing kelas, dengan harapan capaian target dapat dievaluasi secara bertahap dan berkesinambungan. Profil perkelas adalah sebagai berikut:

 

F. Profil SDM 

Kurikulum

Kurikulum yang menjadi ruh bagi aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah berlandaskan pada Al Quran, yaitu surat Luqman ayat 13 – 19.

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

13.  “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu dia memberi pelajaran kepadanya: ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar’.

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

14.  “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

15. “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

16. “(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

17.  “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

 18. “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ ۚ إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ

19. “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”

 

Berdasarkan ayat tersebut bahwa urutan pendidikan yang harus disampaikan kepada  anak dimulai dari :

  1. Pengajaran tauhid dan keimanan.
  2. Berbuat baik pada kedua orang tua (birul walidain)
  3. Aturan atau syariat.
  4. Mendirikan sholat.
  5. Berakhlakul karimah.

 

Untuk mengimplementasikan kelima hal tersebut  maka kami menyusun kurikulum yang terintegrasi antara kurikulum nasional dengan kurikulum lokal. Kurikulum lokal yang kami buat diberi nama KURMAA (Kurikulum Iman , Al Quran, dan Adab). Dengan penerapan kurikulum terintegrasi ini kelak akan menghasilkan amal perbuatan yang  berlandaskan pada ilmu yang berlandaskan keimanan dan Al quran.

“Iman sebelum Al Quran, Adab sebelum Ilmu, Ilmu sebelum Amal”

Seyogyanya seperti inilah  muatan dan sistem Pendidikan yang harus diberikan pada siswa sekolah dasar. Suatu sistem Pendidikan yang  lebih menekankan pada IMAN dan ADAB.

كُنَّا غِلْمَانًا حَزَاوِرَةً مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَتَعَلَّمَنَا الإِيمَانَ قَبْلَ الْقُرْآنِ ، ثُمَّ تَعَلَّمَنَا الْقُرْآنَ ، فَازْدَدْنَا بِهِ إِيمَانًا وَإِنَّكُمُ الْيَوْمَ تَعَلَّمُونَ الْقُرْآنَ قَبْلَ الإِيمَانِ

Jundub bin Abdillah:
“kami bersama Nabi saat kami masih kecil, kami belajar iman sebelum Al-Quran. Kemudian ketika kami belajar Al-Quran, bertambahlah iman kami, adapun kalian hari ini belajar Al-Quran sebelum Iman”

(Sunan Ibnu Majah no. 60)

Para Ulama Salaf lebih mendahulukan adab dibanding ilmu dan mereka  sangat menjaga adab Islami dalam pikiran, ucapan, dan perbuatan mereka. Sistem Pendidikan di SD An Nahl Islamic School lebih menekankan  para siswanya untuk meningkatkan  keimanan  akan menjadikan mereka selalu merasa diawasi oleh Allah sehingga akan menjadi manusia yang taat, amanah, percaya diri, bertanggung jawab, dan berani menegakan yang haq. Dan sistem Pendidikan sekolah dasar  yang menekankan adab akan menjadikan siswa menjadi sabar, toleransi, empati, mandiri, hemat, dan hormat serta santun.

Penguatan Iman dan tadabur ilmu dalam Al quran adalah sebagai fokus utama pada kurikulum. Iman sebagai  landasan berfikir siswa dan Al Quran sebagai pusat ilmu yang kemudian diintegrasikan dengan kurikulum 2013.

Adab-adab kami sampaikan melalui pendekatan yang berulang-ulang dan sesuai dengan yang disunnahkan oleh Rasululloh salallohu’alaihi wassalam. Ilmu pengetahuan diberikan sesuai dengan perkembangan siswa secara bertahap dengan penguatan konsep-konsep, sehingga siswa mampu memahami secara komperhensif dan kemudian mengamalkan ilmu berdasarkan pengetahuan yang berlandaskan pada  Iman dan Al quran.

 

 

1 Sistem Semester

Dalam satu tahun pelajaran terbagi menjadi dua semester yakni semester ganjil dan genap.

2 Mata Pelajaran

a. Muatan Pelajaran Kurikulum Nasional 

b. Muatan Pelajaran Lokal 

3 Waktu Pembelajaran

Kelas 1 -3
Kelas 4 – 6

4 Kegiatan

4.1.  Kegiatan Ko kurikuler

Kegiatan ko kurikuler adalah kegiatan yang menunjang penyelenggaraan kegiatan intra kurikuler, seperti tugas-tugas mandiri yang dikerjakan di sekolah maupun di rumah.

4.2.  Kegiatan Remedial

Kegiatan Remedial adalah kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar, dimana pelaksanaannya setelah pulang sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan sekolah.

4.3. Kegiatan Pengayaan

Kegiatan Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran untuk menambahkan pengetahuan dan pengalaman belajar bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dilaksanakan pada jam tatap muka di kelas.

4.4. Tugas Terstruktur 

Pemberian tugas yang dikerjakan di rumah oleh siswa dan orang tua, dengan tujuan untuk memberikan panduan pada orang tua dalam membimbing siswa belajar di rumah, dan siswa dapat mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di sekolah. Tugas ini diberikan setiap hari jumat, dua minggu sekali.

Tugas terstruktur ini kami sebut dengan nama ABBIA-KU (Aku Belajar Bersama Ibu dan AyahKu). Tujuannya adalah agar terjalin sinergi pendidikan antara siswa, orang tua, dan guru.

4.5. Pemantapan Ujian Sekolah (Pendalaman Materi)

Kegiatan ini adalah kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas VI untuk mempersiapkan mereka menghadapi Ujian Sekolah. Dilaksanakan mulai bulan September (Semester 1) sepulang sekolah dengan jadwal yang akan ditentukan sekolah.

4.6. EkstraKurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang terstruktur/terjadwal lainnya yang tidak berdasarkan pada kurikulum dan muatan lokal akan tetapi lebih berkaitan dengan pengembangan bakat dan minat siswa (pengembangan diri)

  1. Ekstra kurikuler wajib: Tahsin/Tahfidz, Berenang, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
  2. Ekstra kurikuler pilihan: Tahfidz Club, Tahsin Club, English Club, Science Club, Robotik, Futsal, Basket, Renang, Public speaking, Berkuda, Memanah, Melukis, Design Grafis, Wushu, Taekwondo, Karate, dll.

 

Kegiatan Siswa / Sekolah
I. Kegiatan Terdepan
NoKegiatanUraianWaktu
1TPM (Teacher Parent Meeting)
Sosialisasi program di setiap semester
Dilaksanakan hari Sabtu di tiap awal semester
2ICT LearningKegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat computerKondisional
3Parent Teaching Day
Kegiatan untuk implementasi fun aktif learning dengan mendatangkan orang tua sebagai guru tamuDilaksanakan satu tahun sekali
4Nasional Exam PreparationKegiatan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian NasionalDilaksanakan satu tahun sekali
5Remedial dan pengayaanKegiatan tambahan dan penguatan materi bagi siswa yang membutuhkan.Setiap hari sesuai kebutuhan
6Tugas terstrukturPemberian PR untuk siswa sesuai materi yang telah disampaikanDua minggu sekali
7Penilaian harian dan penilaian akhir semesterPenilaian tentang pencapaian kompetensi yang dicapai oleh siswaDilaksanakan jika sudah menyelesaikan suatu Kompetensi dasar atau tema dan pada akhir semester.
II. Kegiatan Leadership
NoKegiatanUraianWaktu
1ATAMMA (Ajang Ta’aruf Mudarist dan Murid An Nahl)Sosialisasi Lingkungan Sekolah untuk siswa baruDilaksanakan di awal tahun pelajaran
2Presentation DayKegiatan presentasi projek dan materi pelajaran di depan orang tua muridDilaksanakan bersamaan dengan pembagian raport tengah semester
3Art and Language DayKegiatan untuk meningkatkan kreativitas di bidang seni dan bahasa
Dilaksanakan satu tahun sekali
4Fun Cooking and Market DayKegiatan untuk melatih jiwa entrepreneur siswa dan team work serta implementasi fun active learning
Dilaksanakan satu tahun sekali
5Earth DayKegiatan untuk mengajarkan mereka bagaimana memelihara dan menjaga lingkungan
Dilaksanakan satu tahun sekali
6Field Trip
Kegiatan belajar mengajar di luar sekolah sebagai implementasi fun active learning
Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester)
7Out BondKegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa
Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester)
8SwimmingKegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa
Dilaksanakan satu kali setiap bulan efektif.
9AssemblyKegiatan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas siswa
Dilaksanakan minggu ke empat di tiap bulan
10GardeningKegiatan melatih tanggung jawab dan menjaga lingkungan
Dilaksanakan minggu pertama di tiap bulan
11ArcheryKegiatan melatih fisik & kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswaDilaksanakan satu kali setiap bulan efektif.
12Library VisitKegiatan untuk memperkaya pemahaman pelajaran dan menambah pengetahuan
Kondisional
13Snack and Lunch GatheringKegiatan untuk memonitor habit makan berdasarkan ajaran islam dan menanamkan kebersamaan
Tiap hari
14AMT (An Nahl Motivation Training)Kegiatan untuk melatih skill, leadership, disiplin dan organisasi
Dilaksanakan satu tahun sekali
15Graduation dayKegiatan untuk memberikan penghargaan atas capaian siswa selama belajar di SD
Dilaksanakan satu tahun sekali
16Muharram Charity
Kegiatan untuk memahami tahun baru Islam dan menumbuhkan sikap sosial
Dilaksanakan satu tahun sekali
17Book DayKegiatan untuk menanamkan kecintaan siswa terhadap membaca
Satu tahun sekali
18Pelatihan Usia Pra BalighKegiatan mempersiapkan usia aqil baligh
Satu tahun sekali untuk kelas 5 dan 6
19Petualangan lebahKegiatan untuk mengeksplorasi keberanian dan kerja sama.
Satu tahun sekali untuk kelas 1
20Leader of the weekPenunjukan pemimpin dikelas untuk memimpin teman-temannya
Seminggu sekali
III. Kegiatan Bilingual
NoKegiatanUraianWaktu
1Budaya BilingualKegiatan pembiasaan penggunaan bahasa Inggris di lingkungan sekolahSetiap hari
IV. Kegiatan Keislaman
NoKegiatanUraianWaktu
1Qurban Day
Kegatan mengenalkan dan membelajarkan siswa tentang makna dan hakikat qurban
Satu tahun sekali
2Manasik Haji
Kegatan mengenalkan dan membelajarkan siswa tentang makna dan hakikat pelaksanaan ibadah haji
Satu tahun sekali
3Tarhib Ramadhan
Kegiatan bulan Ramadan
Dilaksanakan 1 x setahun
4Amaliah Ramadhan
Kegiatan untuk memonitor dan mengimplementasikan kegitan-kegiatan selama bulan ramadhan sesuai dengan ajaran Islam
Dilaksanakan satu tahun sekali
5Ramadahan Camp
Kegiatan untuk menumbuhkan sikap kemandirian, peduli dan disiplin dalam menjalankan kegiatan di bulan ramadhan
Dilaksanakan satu tahun sekali
6An Nahl and Al Quran campKegiatan melatih kemandirian
Satu tahun sekali
Tata Tertib

D. TATA TERTIB

Tata tertib siswa secara umum meliputi:

1. Membawa perlengkapan belajar
2. Membaca do’a sebelum dan sesudah belajar
3. Membawa buku mutabaah setiap hari
4. Menggunakan seragam setiap hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku:

a. Siswa

        Senin: Baju lengan pendek, celana panjang dan dimasukan, baju beratribut, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam putih-merah).

        Selasa: Baju batik lengan pendek, celana panjang dan dimasukan, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam batik).

        Rabu: Baju bebas syar’i dan rapi, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki .

        Kamis: Baju pramuka, beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka)

        Jumat: Berbaju koko/taqwa sesuai dengan ketentuan (putih), berikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki.

b. Siswi

        Senin: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, baju beratribut, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam putih-merah)

        Selasa: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam batik)

        Rabu: Baju bebas yang menutup aurat, berjilbab, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki .

        Kamis: Baju pramuka, berjilbab beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka).

        Jumat: Berbaju muslimah sesuai dengan ketentuan (putih), berjilbab, berikat pinggang, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki.

5. Meningkatkan pemeliharaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerapian, Kerindangan, dan Kekeluargaan ).
6. Setiap siswa hadir di sekolah selambat-lambatnya 5 menit sebelum bel dibunyikan, apabila datang lebih dari 15 menit dari pukul 07.00 WIB, maka siswa diberi konsekwensi sesuai ketentuan (setelah pihak sekolah menginformasikan kepada orang tua siswa).
7. Siswa melalui orang tua siswa memberikan kabar ke sekolah jika berhalangan hadir.
8. Mengikuti Pelajaran tahfidz & tahsin setiap hari.
9. Menghormati sesama teman baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah
10. Berperilaku jujur, bersikap & berkata sopan kepada Guru & Orang tua.
11. Membiasakan diri mengucapkan Salam (jabat tangan) kepada guru-guru di sekolah dan orang tua di rumah.
12. Dilarang membawa segala apapun yang tidak ada hubungannya dengak pelajaran seperti : Handphone, tablet, majalah, kaset, komik, mainan, dll

– An Nahl Sekolah islam favorit bogor –
Open chat
Butuh Bantuan