Sekilas Tentang SD An Nahl Islamic School
A. Visi Sekolah
“ Membentuk siswa menjadi calon pemimpin Qurani yang memiliki landasan iman, Al-Quran, adab, berwawasan lingkungan dan global“
B. Misi Sekolah
1. Menumbuhkan keimanan siswa dengan menjadikan Al-Quran dan Sunnah sebagai pedoman hidupnya.
2. Mengedepankan adab-adab Islam dalam bersikap dan bertutur kata.
3. Menjadikan siswa hafal Al-Quran 2 juz.
4. Menjadikan siswa unggul dalam ilmu dasar literasi dan dasar berbahasa asing.
5. Membina siswa untuk peduli kepada lingkungan sekitar.
C. Tujuan Sekolah
Umum
- Mewujudkan komitmen SD AN Nahl Islamic School yang mengedepankan keimanan, adab, dan Al Quran.
- Mewujudkan sekolah yang melahirkan calon-calon pemimpin Qurani di masa yang akan datang.
- Menumbuhkan produktivitas dan integritas personal di dalam komitmen organisasi.
- Memiliki sarana prasarana pendidikan yang baik, modern dan cukup.
- Memiliki tenaga guru, staff TU dan penjaga yang kompeten dan berdaya saing tinggi
Khusus
- Tercapainya angka KKM semua mata pelajaran oleh setiap peserta didik.
- Tercapainya tingkat kehadiran individual dalam pembelajaran efektif, maksimal 98%.
- Tercapainya kondisi kesiapan fungsi-fungsi sekolah berstandar nasional pendidikan.
- Tercapainya proses pembelajaran yang mengkaitkan dengan keimanan pada Allah Subhanahuwata’ala dan hari akhir.
- Tercapainya angka kenaikan kelas, kelulusan dan melanjutkan 100%
D. Profil Lulusan
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan profil lulusan SD Islam An Nahl yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2019/2020 adalah :
- Siswa terbiasa berdialog iman.
- Siswa terbiasa shalat lima waktu.
- Siswa terbiasa puasa wajib bulan Ramadhan.
- Siswa terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
- Siswa mempunyai hafalan 3 juz .
- Siswa berucap dan bersikap sesuai dengan adab-adab Islam.
- Siswa memiliki fisik dan mental yang kuat.
- Siswa memiliki kemampuan dasar yang kuat dalam literasi bacaan dan angka.
- Siswa memiliki vocabulary yang banyak dan dapat berdialog sederhana bahasa Inggris atau Arab .
- Siswa memiliki kepedulian terhadap lingkungannya.
E. Profil Siswa Perkelas
Untuk mewujudkan profil lulusan secara bertahap maka dibuat profil masing-masing kelas, dengan harapan capaian target dapat dievaluasi secara bertahap dan berkesinambungan. Profil perkelas adalah sebagai berikut:
F. Profil SDM
Kurikulum
Kurikulum yang menjadi ruh bagi aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah berlandaskan pada Al Quran, yaitu surat Luqman ayat 13 – 19.
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
13. “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu dia memberi pelajaran kepadanya: ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar’.
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
14. “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”
وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
15. “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ
16. “(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”
يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ
17. “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).”
وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ
18. “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.”
وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ ۚ إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ
19. “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”
Berdasarkan ayat tersebut bahwa urutan pendidikan yang harus disampaikan kepada anak dimulai dari :
- Pengajaran tauhid dan keimanan.
- Berbuat baik pada kedua orang tua (birul walidain)
- Aturan atau syariat.
- Mendirikan sholat.
- Berakhlakul karimah.
Untuk mengimplementasikan kelima hal tersebut maka kami menyusun kurikulum yang terintegrasi antara kurikulum nasional dengan kurikulum lokal. Kurikulum lokal yang kami buat diberi nama KURMAA (Kurikulum Iman , Al Quran, dan Adab). Dengan penerapan kurikulum terintegrasi ini kelak akan menghasilkan amal perbuatan yang berlandaskan pada ilmu yang berlandaskan keimanan dan Al quran.
“Iman sebelum Al Quran, Adab sebelum Ilmu, Ilmu sebelum Amal”
Seyogyanya seperti inilah muatan dan sistem Pendidikan yang harus diberikan pada siswa sekolah dasar. Suatu sistem Pendidikan yang lebih menekankan pada IMAN dan ADAB.
كُنَّا غِلْمَانًا حَزَاوِرَةً مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَتَعَلَّمَنَا الإِيمَانَ قَبْلَ الْقُرْآنِ ، ثُمَّ تَعَلَّمَنَا الْقُرْآنَ ، فَازْدَدْنَا بِهِ إِيمَانًا وَإِنَّكُمُ الْيَوْمَ تَعَلَّمُونَ الْقُرْآنَ قَبْلَ الإِيمَانِ
Jundub bin Abdillah:
“kami bersama Nabi saat kami masih kecil, kami belajar iman sebelum Al-Quran. Kemudian ketika kami belajar Al-Quran, bertambahlah iman kami, adapun kalian hari ini belajar Al-Quran sebelum Iman”
(Sunan Ibnu Majah no. 60)
Para Ulama Salaf lebih mendahulukan adab dibanding ilmu dan mereka sangat menjaga adab Islami dalam pikiran, ucapan, dan perbuatan mereka. Sistem Pendidikan di SD An Nahl Islamic School lebih menekankan para siswanya untuk meningkatkan keimanan akan menjadikan mereka selalu merasa diawasi oleh Allah sehingga akan menjadi manusia yang taat, amanah, percaya diri, bertanggung jawab, dan berani menegakan yang haq. Dan sistem Pendidikan sekolah dasar yang menekankan adab akan menjadikan siswa menjadi sabar, toleransi, empati, mandiri, hemat, dan hormat serta santun.
Penguatan Iman dan tadabur ilmu dalam Al quran adalah sebagai fokus utama pada kurikulum. Iman sebagai landasan berfikir siswa dan Al Quran sebagai pusat ilmu yang kemudian diintegrasikan dengan kurikulum 2013.
Adab-adab kami sampaikan melalui pendekatan yang berulang-ulang dan sesuai dengan yang disunnahkan oleh Rasululloh salallohu’alaihi wassalam. Ilmu pengetahuan diberikan sesuai dengan perkembangan siswa secara bertahap dengan penguatan konsep-konsep, sehingga siswa mampu memahami secara komperhensif dan kemudian mengamalkan ilmu berdasarkan pengetahuan yang berlandaskan pada Iman dan Al quran.
1 Sistem Semester
Dalam satu tahun pelajaran terbagi menjadi dua semester yakni semester ganjil dan genap.
2 Mata Pelajaran
a. Muatan Pelajaran Kurikulum Nasional
b. Muatan Pelajaran Lokal
3 Waktu Pembelajaran
Kelas 1 -3
Kelas 4 – 6
4 Kegiatan
4.1. Kegiatan Ko kurikuler
Kegiatan ko kurikuler adalah kegiatan yang menunjang penyelenggaraan kegiatan intra kurikuler, seperti tugas-tugas mandiri yang dikerjakan di sekolah maupun di rumah.
4.2. Kegiatan Remedial
Kegiatan Remedial adalah kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar, dimana pelaksanaannya setelah pulang sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan sekolah.
4.3. Kegiatan Pengayaan
Kegiatan Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran untuk menambahkan pengetahuan dan pengalaman belajar bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dilaksanakan pada jam tatap muka di kelas.
4.4. Tugas Terstruktur
Pemberian tugas yang dikerjakan di rumah oleh siswa dan orang tua, dengan tujuan untuk memberikan panduan pada orang tua dalam membimbing siswa belajar di rumah, dan siswa dapat mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan di sekolah. Tugas ini diberikan setiap hari jumat, dua minggu sekali.
Tugas terstruktur ini kami sebut dengan nama ABBIA-KU (Aku Belajar Bersama Ibu dan AyahKu). Tujuannya adalah agar terjalin sinergi pendidikan antara siswa, orang tua, dan guru.
4.5. Pemantapan Ujian Sekolah (Pendalaman Materi)
Kegiatan ini adalah kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas VI untuk mempersiapkan mereka menghadapi Ujian Sekolah. Dilaksanakan mulai bulan September (Semester 1) sepulang sekolah dengan jadwal yang akan ditentukan sekolah.
4.6. EkstraKurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang terstruktur/terjadwal lainnya yang tidak berdasarkan pada kurikulum dan muatan lokal akan tetapi lebih berkaitan dengan pengembangan bakat dan minat siswa (pengembangan diri)
- Ekstra kurikuler wajib: Tahsin/Tahfidz, Berenang, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.
- Ekstra kurikuler pilihan: Tahfidz Club, Tahsin Club, English Club, Science Club, Robotik, Futsal, Basket, Renang, Public speaking, Berkuda, Memanah, Melukis, Design Grafis, Wushu, Taekwondo, Karate, dll.
Kegiatan Siswa / Sekolah
I. Kegiatan Terdepan | |||
---|---|---|---|
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | TPM (Teacher Parent Meeting) | Sosialisasi program di setiap semester | Dilaksanakan hari Sabtu di tiap awal semester |
2 | ICT Learning | Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat computer | Kondisional |
3 | Parent Teaching Day | Kegiatan untuk implementasi fun aktif learning dengan mendatangkan orang tua sebagai guru tamu | Dilaksanakan satu tahun sekali |
4 | Nasional Exam Preparation | Kegiatan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional | Dilaksanakan satu tahun sekali |
5 | Remedial dan pengayaan | Kegiatan tambahan dan penguatan materi bagi siswa yang membutuhkan. | Setiap hari sesuai kebutuhan |
6 | Tugas terstruktur | Pemberian PR untuk siswa sesuai materi yang telah disampaikan | Dua minggu sekali |
7 | Penilaian harian dan penilaian akhir semester | Penilaian tentang pencapaian kompetensi yang dicapai oleh siswa | Dilaksanakan jika sudah menyelesaikan suatu Kompetensi dasar atau tema dan pada akhir semester. |
II. Kegiatan Leadership | |||
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | ATAMMA (Ajang Ta’aruf Mudarist dan Murid An Nahl) | Sosialisasi Lingkungan Sekolah untuk siswa baru | Dilaksanakan di awal tahun pelajaran |
2 | Presentation Day | Kegiatan presentasi projek dan materi pelajaran di depan orang tua murid | Dilaksanakan bersamaan dengan pembagian raport tengah semester |
3 | Art and Language Day | Kegiatan untuk meningkatkan kreativitas di bidang seni dan bahasa | Dilaksanakan satu tahun sekali |
4 | Fun Cooking and Market Day | Kegiatan untuk melatih jiwa entrepreneur siswa dan team work serta implementasi fun active learning | Dilaksanakan satu tahun sekali |
5 | Earth Day | Kegiatan untuk mengajarkan mereka bagaimana memelihara dan menjaga lingkungan | Dilaksanakan satu tahun sekali |
6 | Field Trip | Kegiatan belajar mengajar di luar sekolah sebagai implementasi fun active learning | Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester) |
7 | Out Bond | Kegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa | Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester) |
8 | Swimming | Kegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa | Dilaksanakan satu kali setiap bulan efektif. |
9 | Assembly | Kegiatan untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas siswa | Dilaksanakan minggu ke empat di tiap bulan |
10 | Gardening | Kegiatan melatih tanggung jawab dan menjaga lingkungan | Dilaksanakan minggu pertama di tiap bulan |
11 | Archery | Kegiatan melatih fisik & kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa | Dilaksanakan satu kali setiap bulan efektif. |
12 | Library Visit | Kegiatan untuk memperkaya pemahaman pelajaran dan menambah pengetahuan | Kondisional |
13 | Snack and Lunch Gathering | Kegiatan untuk memonitor habit makan berdasarkan ajaran islam dan menanamkan kebersamaan | Tiap hari |
14 | AMT (An Nahl Motivation Training) | Kegiatan untuk melatih skill, leadership, disiplin dan organisasi | Dilaksanakan satu tahun sekali |
15 | Graduation day | Kegiatan untuk memberikan penghargaan atas capaian siswa selama belajar di SD | Dilaksanakan satu tahun sekali |
16 | Muharram Charity | Kegiatan untuk memahami tahun baru Islam dan menumbuhkan sikap sosial | Dilaksanakan satu tahun sekali |
17 | Book Day | Kegiatan untuk menanamkan kecintaan siswa terhadap membaca | Satu tahun sekali |
18 | Pelatihan Usia Pra Baligh | Kegiatan mempersiapkan usia aqil baligh | Satu tahun sekali untuk kelas 5 dan 6 |
19 | Petualangan lebah | Kegiatan untuk mengeksplorasi keberanian dan kerja sama. | Satu tahun sekali untuk kelas 1 |
20 | Leader of the week | Penunjukan pemimpin dikelas untuk memimpin teman-temannya | Seminggu sekali |
III. Kegiatan Bilingual | |||
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | Budaya Bilingual | Kegiatan pembiasaan penggunaan bahasa Inggris di lingkungan sekolah | Setiap hari |
IV. Kegiatan Keislaman | |||
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | Qurban Day | Kegatan mengenalkan dan membelajarkan siswa tentang makna dan hakikat qurban | Satu tahun sekali |
2 | Manasik Haji | Kegatan mengenalkan dan membelajarkan siswa tentang makna dan hakikat pelaksanaan ibadah haji | Satu tahun sekali |
3 | Tarhib Ramadhan | Kegiatan bulan Ramadan | Dilaksanakan 1 x setahun |
4 | Amaliah Ramadhan | Kegiatan untuk memonitor dan mengimplementasikan kegitan-kegiatan selama bulan ramadhan sesuai dengan ajaran Islam | Dilaksanakan satu tahun sekali |
5 | Ramadahan Camp | Kegiatan untuk menumbuhkan sikap kemandirian, peduli dan disiplin dalam menjalankan kegiatan di bulan ramadhan | Dilaksanakan satu tahun sekali |
6 | An Nahl and Al Quran camp | Kegiatan melatih kemandirian | Satu tahun sekali |
Tata Tertib
D. TATA TERTIB
Tata tertib siswa secara umum meliputi:
1. Membawa perlengkapan belajar
2. Membaca do’a sebelum dan sesudah belajar
3. Membawa buku mutabaah setiap hari
4. Menggunakan seragam setiap hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku:
a. Siswa
Senin: Baju lengan pendek, celana panjang dan dimasukan, baju beratribut, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam putih-merah).
Selasa: Baju batik lengan pendek, celana panjang dan dimasukan, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam batik).
Rabu: Baju bebas syar’i dan rapi, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki .
Kamis: Baju pramuka, beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka)
Jumat: Berbaju koko/taqwa sesuai dengan ketentuan (putih), berikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki.
b. Siswi
Senin: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, baju beratribut, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam putih-merah)
Selasa: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam batik)
Rabu: Baju bebas yang menutup aurat, berjilbab, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki .
Kamis: Baju pramuka, berjilbab beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka).
Jumat: Berbaju muslimah sesuai dengan ketentuan (putih), berjilbab, berikat pinggang, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki.
5. Meningkatkan pemeliharaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerapian, Kerindangan, dan Kekeluargaan ).
6. Setiap siswa hadir di sekolah selambat-lambatnya 5 menit sebelum bel dibunyikan, apabila datang lebih dari 15 menit dari pukul 07.00 WIB, maka siswa diberi konsekwensi sesuai ketentuan (setelah pihak sekolah menginformasikan kepada orang tua siswa).
7. Siswa melalui orang tua siswa memberikan kabar ke sekolah jika berhalangan hadir.
8. Mengikuti Pelajaran tahfidz & tahsin setiap hari.
9. Menghormati sesama teman baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah
10. Berperilaku jujur, bersikap & berkata sopan kepada Guru & Orang tua.
11. Membiasakan diri mengucapkan Salam (jabat tangan) kepada guru-guru di sekolah dan orang tua di rumah.
12. Dilarang membawa segala apapun yang tidak ada hubungannya dengak pelajaran seperti : Handphone, tablet, majalah, kaset, komik, mainan, dll