• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Secondary (SMP)

primary

A. Sekilas Tentang SMP An Nahl Islamic School

Visi SMP An Nahl Islamic School yaitu menjadi sekolah unggul yang membentuk pemimpin berkarakter Qur`ani, berwawasan global dan peduli lingkungan. Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkan tujuan sekolah secara berkelanjutan. Misinya dirumuskan berdasarkan visi di atas, yaitu :

Menjadi sekolah yang mampu berprestasi di lingkungan pendidikan nasional.
Membentuk siswa berkarakter pemimpin.
Membangun karakter qur`ani dan hafal al-Qur`an 2 juz.
Menjadi sekolah berwawasan global dengan pembelajaran berbasis bilingual dan teknologi komunikasi dan informasi
Mendidik siswa untuk menghargai diri sendiri, sesama, orang tua, hasil karya dan lingkungan.
Profil SDM sebagai berikut :
Integritas keislaman (memahami dan menjalankan tuntunan Islam sesuai dengan al-Qur`an dan as-Sunnah, diantaranya: shalat di awal waktu dan menghafal al-Qur`an).
Pendidikan (mencintai dunia pendidikan dan anak serta terlibat dalam proses perkembangannya dengan sepenuh hati).
Lembaga (mendukung dengan sekuat tenaga merealisasikan visi dan misi).
Komunikasi (berkomunikasi efektif dan positif).
Informasi dan Komunikasi Teknologi (penguasaan penggunaan teknologi informatika & komunikasi dalam prosese pembelajaran).
Karakter (amanah, jujur, empati, kerja keras, terbuka, sabar dan syukur).
Profil siswa sebagai berikut :
Memiliki aqidah yang lurus (sesuai tuntutan al-Qur`an dan as-Sunnah).
Ber-akhlaqul karimah (jujur, penyayang, sabar, syukur, disiplin, sopan, santun).
Menghafal al-Qur`an (minimal 2 juz).
Menjadi pemimpin yang memiliki karakter mulia (Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathanah).
Menguasai teknologi komunikasi dan Informatika, sebagai kesiapan terlibat dalam dunia global.
Berwawasan global dengan penguasaan bahasa internasional.
B. Kurikulum

Kurikulum yang menjadi ruh bagi aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah berlandaskan pada Al Quran, yaitu surat Luqman ayat 13 – 19.

 “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu dia memberi pelajaran kepadanya: ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar’.” (QS. Luqman:13)

 “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”  (QS. Luqman: 14)

 “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”  (QS. Luqman: 15)

 “(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Luqman: 16)

 “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)

 “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman: 18)

 “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Luqman: 19)

Berdasarkan ayat tersebut bahwa urutan pendidikan yang harus disampaikan kepada anak dimulai dari :

Pengajaran tauhid dan keimanan.
Berbuat baik pada kedua orang tua (birul walidain)
Aturan atau syariat.
Mendirikan sholat.
Berakhlakul karimah.

Untuk mengimplementasikan kelima hal tersebut maka kami menyusun kurikulum yang terintegrasi antara kurikulum nasional dengan kurikulum lokal.

Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan yang terstruktur / terjadwal berdasarkan pada kurikulum Nasional dan kurikulum muatan local. Tahun pelajaran 2019-2020 ini kami menggunakan Kurikulum 2013 ditambahkan dengan kurikulum lokal yang mencerminkan ciri khas An Nahl Islamic School.

1 Sistem Smester

Dalam satu tahun pelajaran terbagi menjadi dua semester yakni semester ganjil dan genap.

2 Mata Pelajaran

MATA PELAJARANVIIVIIIIX
Muatan Diknas
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti333
Pendidikan Kewarganegaraan222
Bahasa Indonesia444
Bahasa Inggris444
Matematika444
Ilmu Pengetahuan Alam444
Ilmu Pengetahuan Sosial222
Seni Budaya dan. Prakarya222
Penjasorkes222
Informatika111
Muatan Lokal
Bahasa Arab222
Sirah222
Tahfidz/tahsin101010
Pengembangan Diri
Pramuka222
Bimbingan konseling111
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 464646

3 Waktu Pembelajaran

NoTimeMonday - ThursdayTimeFriday
107.00 - 07.20Dhuha/ Dzikir07.00 - 07.20Dhuha/ Dzikir
207.20 - 08.00KBM07.20 - 08.00Sapa Walas
308.00 - 08.40KBM08.00 - 08.30KBM
408.40 - 09.20KBM08.30 - 09.00KBM
509.20 - 10.00KBM09.00 - 09.20ISTIRAHAT
610.00 - 10.30ISTIRAHAT09.20 - 09.50KBM
710.30 - 11.10KBM09.50 - 10.20KBM
811.10 - 11.50KBM10.20 -10.50KBM
911.50 - 13.00ISHOMA10.50 -11.20KBM
1013.00 - 13.35KBM11.20 - 13.00ISHOMA
1113.35- 14.10KBM13.00 - 14.00Kepulangan
1214.10 - 14.45KBM
1314.45 - 15.20KBM
1415.20 - 16.00Sholat ashsar

4 Kegiatan

a) Kegiatan Profil Pancasila

Kegiatan Profil Pancasila adalah kegiatan yang menunjang penyelenggaraan kegiatan intra kulikuler dengan menggunakan enam asas: beriman, bertakwa kepada tuhan dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri

b) Kegiatan Remedial

Kegiatan Remedial adalah kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dimana pelaksanaannya setelah pulang sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan sekolah yaitu setiap hari Rabu.

c) Kegiatan Pengayaan

Kegiatan Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran untuk menambahkan pengetahuan dan pengalaman belajar bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dilaksanakan pada jam tatap muka di kelas serta kelas bina prestasi.

d) Pemantapan Ujian Sekolah (Pendalaman Materi)

Kegiatan ini adalah kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas IX untuk mempersiapkan mereka menghadapi Ujian Sekolah dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah.

e) EkstraKurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang terstruktur/terjadwal lainnya yang tidak berdasarkan pada kurikulum dan muatan lokal akan tetapi lebih berkaitan dengan pengembangan bakat dan minat siswa (pengembangan diri).

  • Ekstra kurikuler pilihan : Tahfizh, English Club, public speaking, Futsal, Basket, Renang, Panahan, Karate, Photography, dan Robotic

 

f) Kegiatan BLP (Building Learning Power)

BLP atau Building Learning Power adalah kegiatan pembiasaan bagi guru dan siswa dalam merencanakan dan melaksanakan tujuan yang akan dicapai dalam kehidupannya. Tujuannya agar siswa memiliki ketangguhan dalam hidupnya.
BLP diawali dengan mengisi identitas dan cita-cita jangka pendek serta jangka panjang siswa, dan dibimbing untuk merencanakan kegiatan dalam upaya mencapai cita-cita tersebut.
Dalam BLP terdapat 5 pilar utama yaitu:

  • Devout (Ibadah dan Muhasabah diri)
  • Resilience (Membangun ketangguhan)
  • Resourcefulness (Usaha mencari sumber pembelajaran)
  • Reciprocity (Kemandirian)
  • Reflectiveness (Manajemen waktu)
C. Kegiatan Siswa / Sekolah
I. Kegiatan Terdepan
NoKegiatanUraianWaktu
1TPM (Teacher Parent Meeting)
Sosialisasi program di setiap semester
Dilaksanakan hari Sabtu di tiap awal semester
2Sport Day
Kegiatan untuk meningkatkan kesehatan jasmani
Dilaksanakan satu bulan sekali
3Fun Cooking and Market Day
Kegiatan untuk melatih jiwa entrepreneur siswa dan team work serta implementasi fun active learning
Dilaksanakan satu tahun sekali
4Adiwiyata programme
Kegiatan untuk mengajarkan mereka bagaimana memelihara dan menjaga lingkungan
Dilaksanakan satu tahun sekali
5ICT Learning
Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat computer
Kondisional
6Snack and Lunch Gathering
Kegiatan untuk memonitor habit makan berdasarkan ajaran islam dan menanamkan kebersamaan
Tiap hari
7Parent Teaching DayKegiatan implementasi fun aktif learning dengan mendatangkan orang tua sebagai guru tamu
Dilaksanakan satu tahun sekali
8Nasional Exam Preparation
Kegiatan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional
Dilaksanakan satu tahun sekali
9Graduation day
Kegiatan untuk memberikan penghargaan atas capaian siswa selama belajar di SMPDilaksanakan satu tahun sekali
II. Kegiatan Leadership
NoKegiatanUraianWaktu
1MPLS Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah)Sosialisasi Lingkungan Sekolah untuk siswa baru
Dilaksanakan di awal tahun pelajaran
2BLP (Building Learning Power)
Kegiatan untuk memonitor dan memperkuat karakter siswa
Setiap hari
3Twenty Hours Taking Care of My Family
Aktivitas kepedulian kepada keluarga (Birrul walidain)
Durasi 9 bulan
4ASA (An Nahl Society Alert)
Aktivitas kepedulian terhadap lingkungan sekitar
Durasi 9 bulan
5ASAP (An Nahl Society Alert Program
Program kepedulian terhadap lingkungan sekitar
Tengah semester 1
6Students Presentation
Kegiatan presentasi level project dan materi pelajaran di depan orang tua siswa
Dilaksanakan di tiap midterm bersamaan dengan pembagian raport tengah semester
7Field Trip
Kegiatan belajar mengajar di luar sekolah sebagai implementasi fun active learning
Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester)
8Out Bond
Kegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa
Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester)
9SwimmingKegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa
Dilaksanakan satu tahun 4 kali (tiap term)
10ArcheryKegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa
Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester)
11Library Visit
Kegiatan untuk memperkaya pemahaman pelajaran dan menambah pengetahuan
Kondisional
12ALT (An Nahl Leadership Training)
Kegiatan untuk melatih skill, leadership, disiplin organisasi
Dilaksanakan satu tahun sekali
13LDK OSIS
Kegiatan untuk melatih skill, leadership, disiplin organisasi Calon Pengurus OSIS
Dilaksanakan satu tahun sekali
14Leader of the week
Kegiatan Melatih jiwa kepemimpinan
Dilaksanakan sepekan sekali
III. Kegiatan Bilingual
NoKegiatanUraianWaktu
1Speak Up!
Penggunaan Bhs Inggris/Arab sebagai alat komunikasi sehari-hari baik indoor maupun outdoor
Setiap hari
2Dzuhur Lecture
Pemberian ceramah Shalat Dzuhur dengan menggunakan pembukaan dan penutupan dalam Bahasa Inggris
Setiap hari
3Bilingual Ceremony
Pelaksanaan apel pagi/upacara dalam B. Inggris
Sebulan sekali
4Bee Magz
Publikasi hasil karya siswa dalam Bahasa Inggris/Indonesia/Arab dalam majalah dinding (bekerjasama dengan OSIS)
Tiga bulan sekali
5Cambridge Language English Assessment
Ujian Bahasa Inggris sebagai alat ukur kemampuan berbahasa siswa, bekerja sama dengan pihak Cambridge
Setahun sekali
6Road to English Olympiads and Other Competitions
Program pembibitan siswa berprestasi pada kemampuan Berbahasa Inggris untuk mengikuti Olimpiade dan perlombaan
Tentatif
7Around The World Programme
Kegiatan untuk menambah wawasan dan pengalaman Internasional
Satu Tahun sekali
IV. Kegiatan Keislaman
NoKegiatanUraianWaktu
1Munaqosyah dan Wisuda UMMI
Kegiatan dalam rangka standarisasi tahsin dan tahfidz metode UMMI
Satu tahun sekali
2Amaliah Ramadhan
Kegiatan untuk memonitor dan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan selama bulan ramadhan sesuai dengan ajaran Islam
Dilaksanakan satu tahun sekali
3Bakti sosial/charity
Kegiatan untuk menumbuhkan sikap empati dan peduli sesama dengan berbagi kepada kaum dhuafa
Dilaksanakan satu tahun dua kali
4Qurban Day
Kegiatan untuk memahami arti Qurban dan menumbuhkan sikap social
Dilaksanakan satu tahun sekali
5Muharram Charity
Kegiatan untuk memahami tahun baru Islam dan menumbuhkan sikap social
Dilaksanakan satu tahun sekali
6Manasik Haji
Kegiatan implementasi fun active learning bagi kelas IX
Dilaksanakan satu tahun sekali
7Daurah Janaiz
Kegiatan mempraktikkan tata cara pengurusan jenazah
Dilaksanakan satu tahun sekali
8Pembiasaan shalat Dhuha
Kegiatan pembiasaan ibadah yang benar dan kontinyu
Dilaksanakan setiap hari
9Pembiasaan Dzikir pagi dan petang
Kegiatan pembiasaan ibadah yang benar dan kontinyu
Dilaksanakan setiap hari
10Pembiasaan Adab Islami
Kegiatan pembiasaan beradab sebelum berilmu
Dilaksanakan setiap hari
D. Tata Tertib

Tata tertib siswa secara umum meliputi:

1. Membawa perlengkapan belajar
2. Membacakan do’a sebelum dan sesudah belajar
3. Membawa buku agenda dan buku prestasi tahfizh tahsin setiap hari
4. Menggunakan seragam setiap hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku:

a. Siswa

  • Senin: Baju lengan pendek celana panjang dan dimasukkan, baju beratribut, memakai ikat pinggang, bersepatu hitam, dan memakai kaos kaki (seragam putih-biru).
  • Selasa: Baju batik lengan pendek, celana panjang dan dimasukkan, memakai ikat pinggang, bersepatu, dan memakai kaos kaki (seragam batik).
  • Rabu: Baju bebas syar’i dan rapi, berikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki . (seragam bebas).
  • Kamis: Berbaju pramuka, beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka)
  • Jumat: Berbaju koko/taqwa sesuai dengan ketentuan (putih), berikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki

b. Siswi

  • Senin: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, baju beratribut, memakai ikat pinggang bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam putih-biru)
  • Selasa: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam batik)
  • Rabu: Baju bebas yang menutup aurat, berjilbab, rok panjang, berikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam bebas).
  • Kamis: Berbaju pramuka, berjilbab beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka).
  • Jumat: Berbaju muslimah sesuai dengan ketentuan(putih), berjilbab putih, berikat pinggang, rok panjang warna bebas, bersepatu dan memakai kaos kaki.

5. Meningkatkan pemeliharaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerapian, Kerindangan, dan Kekeluargaan ).
6. Setiap siswa hadir di sekolah selambat-lambatnya 5 menit sebelum bel dibunyikan, apabila datang lebih dari 15 menit dari pukul 07.00 WIB, maka siswa diberi konsekwensi sesuai ketentuan (setelah pihak sekolah menginformasikan kepada orang tua siswa).
7. Memberikan kabar ke sekolah apabila berhalangan hadir.
8. Mengikuti pelajaran tahfizh dan tahsin setiap hari.
9. Membawa dan mengisi buku mutaba’ah setiap hari.
10. Menghormati sesama teman baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
11. Berperilaku jujur, bersikap & berkata sopan kepada Guru & Orang tua.
12. Membiasakan diri mengucapkan Salam (jabat tangan) kepada guru-guru di sekolah dan orang tua di rumah.
13. Dilarang membawa segala apapun yang tidak ada hubungannya dengak pelajaran Seperti : Handphone, tablet, Majalah, kaset, komik, mainan, dll

– An Nahl Sekolah islam favorit –
Open chat
Butuh Bantuan