A. Sekilas Tentang SMP An Nahl Islamic School
Visi SMP An Nahl Islamic School yaitu menjadi sekolah unggul yang membentuk pemimpin berkarakter Qur`ani, berwawasan global dan peduli lingkungan. Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkan tujuan sekolah secara berkelanjutan. Misinya dirumuskan berdasarkan visi di atas, yaitu :
Profil SDM sebagai berikut :
Profil siswa sebagai berikut :
B. Kurikulum
Kurikulum yang menjadi ruh bagi aktifitas Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah berlandaskan pada Al Quran, yaitu surat Luqman ayat 13 – 19.
“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu dia memberi pelajaran kepadanya: ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar’.” (QS. Luqman:13)
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14)
“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Luqman: 15)
“(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Luqman: 16)
“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)
“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman: 18)
“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Luqman: 19)
Berdasarkan ayat tersebut bahwa urutan pendidikan yang harus disampaikan kepada anak dimulai dari :
Untuk mengimplementasikan kelima hal tersebut maka kami menyusun kurikulum yang terintegrasi antara kurikulum nasional dengan kurikulum lokal.
Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan yang terstruktur / terjadwal berdasarkan pada kurikulum Nasional dan kurikulum muatan local. Tahun pelajaran 2019-2020 ini kami menggunakan Kurikulum 2013 ditambahkan dengan kurikulum lokal yang mencerminkan ciri khas An Nahl Islamic School.
1 Sistem Smester
Dalam satu tahun pelajaran terbagi menjadi dua semester yakni semester ganjil dan genap.
2 Mata Pelajaran
MATA PELAJARAN | VII | VIII | IX |
---|---|---|---|
Muatan Diknas | |||
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 |
Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
Matematika | 4 | 4 | 4 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 2 | 2 | 2 |
Seni Budaya dan. Prakarya | 2 | 2 | 2 |
Penjasorkes | 2 | 2 | 2 |
Informatika | 1 | 1 | 1 |
Muatan Lokal | |||
Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 |
Sirah | 2 | 2 | 2 |
Tahfidz/tahsin | 10 | 10 | 10 |
Pengembangan Diri | |||
Pramuka | 2 | 2 | 2 |
Bimbingan konseling | 1 | 1 | 1 |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 46 | 46 | 46 |
3 Waktu Pembelajaran
No | Time | Monday - Thursday | Time | Friday |
---|---|---|---|---|
1 | 07.00 - 07.20 | Dhuha/ Dzikir | 07.00 - 07.20 | Dhuha/ Dzikir |
2 | 07.20 - 08.00 | KBM | 07.20 - 08.00 | Sapa Walas |
3 | 08.00 - 08.40 | KBM | 08.00 - 08.30 | KBM |
4 | 08.40 - 09.20 | KBM | 08.30 - 09.00 | KBM |
5 | 09.20 - 10.00 | KBM | 09.00 - 09.20 | ISTIRAHAT |
6 | 10.00 - 10.30 | ISTIRAHAT | 09.20 - 09.50 | KBM |
7 | 10.30 - 11.10 | KBM | 09.50 - 10.20 | KBM |
8 | 11.10 - 11.50 | KBM | 10.20 -10.50 | KBM |
9 | 11.50 - 13.00 | ISHOMA | 10.50 -11.20 | KBM |
10 | 13.00 - 13.35 | KBM | 11.20 - 13.00 | ISHOMA |
11 | 13.35- 14.10 | KBM | 13.00 - 14.00 | Kepulangan |
12 | 14.10 - 14.45 | KBM | ||
13 | 14.45 - 15.20 | KBM | ||
14 | 15.20 - 16.00 | Sholat ashsar |
4 Kegiatan
a) Kegiatan Profil Pancasila
Kegiatan Profil Pancasila adalah kegiatan yang menunjang penyelenggaraan kegiatan intra kulikuler dengan menggunakan enam asas: beriman, bertakwa kepada tuhan dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri
b) Kegiatan Remedial
Kegiatan Remedial adalah kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dimana pelaksanaannya setelah pulang sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan sekolah yaitu setiap hari Rabu.
c) Kegiatan Pengayaan
Kegiatan Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran untuk menambahkan pengetahuan dan pengalaman belajar bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Dilaksanakan pada jam tatap muka di kelas serta kelas bina prestasi.
d) Pemantapan Ujian Sekolah (Pendalaman Materi)
Kegiatan ini adalah kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas IX untuk mempersiapkan mereka menghadapi Ujian Sekolah dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah.
e) EkstraKurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang terstruktur/terjadwal lainnya yang tidak berdasarkan pada kurikulum dan muatan lokal akan tetapi lebih berkaitan dengan pengembangan bakat dan minat siswa (pengembangan diri).
- Ekstra kurikuler pilihan : Tahfizh, English Club, public speaking, Futsal, Basket, Renang, Panahan, Karate, Photography, dan Robotic
f) Kegiatan BLP (Building Learning Power)
BLP atau Building Learning Power adalah kegiatan pembiasaan bagi guru dan siswa dalam merencanakan dan melaksanakan tujuan yang akan dicapai dalam kehidupannya. Tujuannya agar siswa memiliki ketangguhan dalam hidupnya.
BLP diawali dengan mengisi identitas dan cita-cita jangka pendek serta jangka panjang siswa, dan dibimbing untuk merencanakan kegiatan dalam upaya mencapai cita-cita tersebut.
Dalam BLP terdapat 5 pilar utama yaitu:
- Devout (Ibadah dan Muhasabah diri)
- Resilience (Membangun ketangguhan)
- Resourcefulness (Usaha mencari sumber pembelajaran)
- Reciprocity (Kemandirian)
- Reflectiveness (Manajemen waktu)
C. Kegiatan Siswa / Sekolah
I. Kegiatan Terdepan | |||
---|---|---|---|
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | TPM (Teacher Parent Meeting) | Sosialisasi program di setiap semester | Dilaksanakan hari Sabtu di tiap awal semester |
2 | Sport Day | Kegiatan untuk meningkatkan kesehatan jasmani | Dilaksanakan satu bulan sekali |
3 | Fun Cooking and Market Day | Kegiatan untuk melatih jiwa entrepreneur siswa dan team work serta implementasi fun active learning | Dilaksanakan satu tahun sekali |
4 | Adiwiyata programme | Kegiatan untuk mengajarkan mereka bagaimana memelihara dan menjaga lingkungan | Dilaksanakan satu tahun sekali |
5 | ICT Learning | Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat computer | Kondisional |
6 | Snack and Lunch Gathering | Kegiatan untuk memonitor habit makan berdasarkan ajaran islam dan menanamkan kebersamaan | Tiap hari |
7 | Parent Teaching Day | Kegiatan implementasi fun aktif learning dengan mendatangkan orang tua sebagai guru tamu | Dilaksanakan satu tahun sekali |
8 | Nasional Exam Preparation | Kegiatan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional | Dilaksanakan satu tahun sekali |
9 | Graduation day | Kegiatan untuk memberikan penghargaan atas capaian siswa selama belajar di SMP | Dilaksanakan satu tahun sekali |
II. Kegiatan Leadership | |||
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | MPLS Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) | Sosialisasi Lingkungan Sekolah untuk siswa baru | Dilaksanakan di awal tahun pelajaran |
2 | BLP (Building Learning Power) | Kegiatan untuk memonitor dan memperkuat karakter siswa | Setiap hari |
3 | Twenty Hours Taking Care of My Family | Aktivitas kepedulian kepada keluarga (Birrul walidain) | Durasi 9 bulan |
4 | ASA (An Nahl Society Alert) | Aktivitas kepedulian terhadap lingkungan sekitar | Durasi 9 bulan |
5 | ASAP (An Nahl Society Alert Program | Program kepedulian terhadap lingkungan sekitar | Tengah semester 1 |
6 | Students Presentation | Kegiatan presentasi level project dan materi pelajaran di depan orang tua siswa | Dilaksanakan di tiap midterm bersamaan dengan pembagian raport tengah semester |
7 | Field Trip | Kegiatan belajar mengajar di luar sekolah sebagai implementasi fun active learning | Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester) |
8 | Out Bond | Kegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa | Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester) |
9 | Swimming | Kegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa | Dilaksanakan satu tahun 4 kali (tiap term) |
10 | Archery | Kegiatan melatih fisik dan kesehatan siswa dan melatih soft skill dan hard skill siswa | Dilaksanakan satu tahun dua kali (tiap semester) |
11 | Library Visit | Kegiatan untuk memperkaya pemahaman pelajaran dan menambah pengetahuan | Kondisional |
12 | ALT (An Nahl Leadership Training) | Kegiatan untuk melatih skill, leadership, disiplin organisasi | Dilaksanakan satu tahun sekali |
13 | LDK OSIS | Kegiatan untuk melatih skill, leadership, disiplin organisasi Calon Pengurus OSIS | Dilaksanakan satu tahun sekali |
14 | Leader of the week | Kegiatan Melatih jiwa kepemimpinan | Dilaksanakan sepekan sekali |
III. Kegiatan Bilingual | |||
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | Speak Up! | Penggunaan Bhs Inggris/Arab sebagai alat komunikasi sehari-hari baik indoor maupun outdoor | Setiap hari |
2 | Dzuhur Lecture | Pemberian ceramah Shalat Dzuhur dengan menggunakan pembukaan dan penutupan dalam Bahasa Inggris | Setiap hari |
3 | Bilingual Ceremony | Pelaksanaan apel pagi/upacara dalam B. Inggris | Sebulan sekali |
4 | Bee Magz | Publikasi hasil karya siswa dalam Bahasa Inggris/Indonesia/Arab dalam majalah dinding (bekerjasama dengan OSIS) | Tiga bulan sekali |
5 | Cambridge Language English Assessment | Ujian Bahasa Inggris sebagai alat ukur kemampuan berbahasa siswa, bekerja sama dengan pihak Cambridge | Setahun sekali |
6 | Road to English Olympiads and Other Competitions | Program pembibitan siswa berprestasi pada kemampuan Berbahasa Inggris untuk mengikuti Olimpiade dan perlombaan | Tentatif |
7 | Around The World Programme | Kegiatan untuk menambah wawasan dan pengalaman Internasional | Satu Tahun sekali |
IV. Kegiatan Keislaman | |||
No | Kegiatan | Uraian | Waktu |
1 | Munaqosyah dan Wisuda UMMI | Kegiatan dalam rangka standarisasi tahsin dan tahfidz metode UMMI | Satu tahun sekali |
2 | Amaliah Ramadhan | Kegiatan untuk memonitor dan mengimplementasikan kegiatan-kegiatan selama bulan ramadhan sesuai dengan ajaran Islam | Dilaksanakan satu tahun sekali |
3 | Bakti sosial/charity | Kegiatan untuk menumbuhkan sikap empati dan peduli sesama dengan berbagi kepada kaum dhuafa | Dilaksanakan satu tahun dua kali |
4 | Qurban Day | Kegiatan untuk memahami arti Qurban dan menumbuhkan sikap social | Dilaksanakan satu tahun sekali |
5 | Muharram Charity | Kegiatan untuk memahami tahun baru Islam dan menumbuhkan sikap social | Dilaksanakan satu tahun sekali |
6 | Manasik Haji | Kegiatan implementasi fun active learning bagi kelas IX | Dilaksanakan satu tahun sekali |
7 | Daurah Janaiz | Kegiatan mempraktikkan tata cara pengurusan jenazah | Dilaksanakan satu tahun sekali |
8 | Pembiasaan shalat Dhuha | Kegiatan pembiasaan ibadah yang benar dan kontinyu | Dilaksanakan setiap hari |
9 | Pembiasaan Dzikir pagi dan petang | Kegiatan pembiasaan ibadah yang benar dan kontinyu | Dilaksanakan setiap hari |
10 | Pembiasaan Adab Islami | Kegiatan pembiasaan beradab sebelum berilmu | Dilaksanakan setiap hari |
D. Tata Tertib
Tata tertib siswa secara umum meliputi:
1. Membawa perlengkapan belajar
2. Membacakan do’a sebelum dan sesudah belajar
3. Membawa buku agenda dan buku prestasi tahfizh tahsin setiap hari
4. Menggunakan seragam setiap hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku:
a. Siswa
- Senin: Baju lengan pendek celana panjang dan dimasukkan, baju beratribut, memakai ikat pinggang, bersepatu hitam, dan memakai kaos kaki (seragam putih-biru).
- Selasa: Baju batik lengan pendek, celana panjang dan dimasukkan, memakai ikat pinggang, bersepatu, dan memakai kaos kaki (seragam batik).
- Rabu: Baju bebas syar’i dan rapi, berikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki . (seragam bebas).
- Kamis: Berbaju pramuka, beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka)
- Jumat: Berbaju koko/taqwa sesuai dengan ketentuan (putih), berikat pinggang, celana panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki
b. Siswi
- Senin: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, baju beratribut, memakai ikat pinggang bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam putih-biru)
- Selasa: Baju lengan panjang, rok panjang dan dikeluarkan, berjilbab, memakai ikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam batik)
- Rabu: Baju bebas yang menutup aurat, berjilbab, rok panjang, berikat pinggang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam bebas).
- Kamis: Berbaju pramuka, berjilbab beratribut lengkap, berhasduk, memakai ikat pinggang, rok panjang, bersepatu dan memakai kaos kaki (seragam pramuka).
- Jumat: Berbaju muslimah sesuai dengan ketentuan(putih), berjilbab putih, berikat pinggang, rok panjang warna bebas, bersepatu dan memakai kaos kaki.
5. Meningkatkan pemeliharaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerapian, Kerindangan, dan Kekeluargaan ).
6. Setiap siswa hadir di sekolah selambat-lambatnya 5 menit sebelum bel dibunyikan, apabila datang lebih dari 15 menit dari pukul 07.00 WIB, maka siswa diberi konsekwensi sesuai ketentuan (setelah pihak sekolah menginformasikan kepada orang tua siswa).
7. Memberikan kabar ke sekolah apabila berhalangan hadir.
8. Mengikuti pelajaran tahfizh dan tahsin setiap hari.
9. Membawa dan mengisi buku mutaba’ah setiap hari.
10. Menghormati sesama teman baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
11. Berperilaku jujur, bersikap & berkata sopan kepada Guru & Orang tua.
12. Membiasakan diri mengucapkan Salam (jabat tangan) kepada guru-guru di sekolah dan orang tua di rumah.
13. Dilarang membawa segala apapun yang tidak ada hubungannya dengak pelajaran Seperti : Handphone, tablet, Majalah, kaset, komik, mainan, dll