• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Urgensi Pendidikan Akhlak bagi Anak

Oleh: Nurul Latifah, S. Sos (Guru TK A An Nahl Islamic School)

Saat ini anak-anak memiliki krisis keteladanan. Hal ini terjadi karena orang tua, para guru dan media masa kurang banyak mengangkat tokoh-tokoh teladan bagi anak-anak. Tayangan-tayangan televisi misalnya, didominasi acara hiburan dalam berbabagi variasinya, acara sinetron, atau acara gosip selebriti tidak dapat diharapkan memberikan contoh kehidupan Islami secara utuh. Sementara porsi penanaman akhlak mulia melalui pribadi teladan pada pelajaran-pelajaran keislaman di sekolah masih rendah.

Dalam kondisi krisis keteladanan ini, keluarga menjadi dasar yang paling penting bagi anak untuk menemukan keteladanan. Ayah dan ibu menjadi peran pertama bagi anak untuk memenuhi kebutuhan ini. Oleh karena itu perlu ada kesadaran orang tua untuk menjadi pribadi teladan dalam proses pembentukan akhlak Islami pada anak.

Pendidikan anak adalah perkara yang sangat penting dalam Islam. Di dalam Al-Qur’an kita dapati bagaimana Allah menceritakan petuah-petuah Luqman yang merupakan bentuk pendidikan bagi anak-anaknya. Begitupula dalam hadits -hadits Rasullullah SAW, kita temui banyak juga bentuk-bentuk pendidikan terhadap anak, baik dari perintah maupun perbuatan beliau mendidik anak secara langsung.

Al-qur’an mengisahkan, Ibrahim dan Ya’qub senantiasa mewasiatkan anak-anaknya tentang agama Islam. Bahkan Ya’kub AS di saat menjelang maut menjemputnya, menyempatkan diri bertanya kepda anak-anaknya “ Madzaa ta’buduuna min ba’di” (Apa yang akan kalian sembah setelah kematianku?) QS:Al baqarah :133. Kisah ini mengajarkan betapa besar perhatian terhadap kesadaran beragama bagi anak-anak. Sebaliknya umat Muslim saat ini seolah mengganti dengan kata-kata  “Madzaa ta’kuluuna” (Apa yang kamu makan setelah aku meninggal?) Kepedulian terhadap kelangsungan beragama anak-anak minim sekali. Sebagai ilustrasi, seringkali jika anak kembali dari sekolah yang ditanyakan adalah nilai berapa yang kamu dapatkan? Sementara sholatnya tidak dipedulikan sama sekali.

Pendidikan anak bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan di masyarakat sekitar kita. Sebagai orangtua hanya berusaha membangun fondasi yang kuat untuk mereka dan kita harus menjadi teladan yang baik untuk anak. Untuk itu guru atau orangtua harus tau apa yang harus diajarkan kepada seorang anak dengan metode yang telah dilakukan Rasullulah SAW, diantaranya: mengajarkan taat kepada orangtua, mengajarkan pergaulan yang benar, menanamkan nilai-nilai takwa, menumbuhkan pribadi yang taat kepada Allah, menumbuhkan kepedulian sosial, membentuk jiwa yang sabar, rendah hati dan mengajarkan kesopanan dalam sikap dan ucapan.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by