• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Virtual Field Trip

Serunya Belajar di Rumah dengan Virtual Field Trip

Oleh :Rahma septiani, S. Pd
Guru TK

Buat anak-anak, salah satu keseruan bersama teman sekolah adalah kegiatan field trip. Selain memberi tambahan ilmu dan wawasan, field trip juga sangat menghibur. Dengan kondisi pandemi yang terjadi saat ini sangat tidak memungkinkan bagi anak-anak PGTK melakukan kegiatan Field trip secara langsung. Ini adalah pengalaman pertama bagi seluruh siswa PGTK Annahl Islamic School melakukan kegiatan Field trip secara virtual. Anak-anak sangat antusias sekali ketika gurunya menginfomasikan bahwa kita akan melakukan kegiatan Virtual Field trip secara daring via zoom ke Museum Transportasi TMII.

Kegiatan Field trip dilakukan pada hari Kamis, 25 Maret 2021 pada pukul 9.30 WIB. Sebelum kegiatan Virtual Field trip dilakukan, anak-anak tetap melakukan kegiatan pagi yaitu membaca ummi. Anak-anak sangat senang dan antusias melakukan kegiatan Virtual Field trip. Banyak anak-anak bangun pagi-pagi karena beranggapan Virtual Field trip itu sama seperti Field trip sebelum masa pandemi, dimana anak-anak menaiki bis ke tempat yang dituju.

Ketika virtual Filed trip dimulai, anak-anak diajak menonton video tentang museum transportasi, kemudian dilanjut dengan kak Elin sebagai pemandu dari museum transportasi. Kak elin melakukan tour dan menjelaskan alat-alat transportasi tradisional dan modern.

Ini menjadi pengalaman yang berharga di masa pandemi untuk anak-anak melakukan kegiatan filed trip secara daring via zoom. Field trip seperti ini menjadi obat kangen anak-anak dengan sekolah, guru-guru dan teman-teman mereka. Tidak hanya itu, field trip juga mengusir kebosanan, menambah wawasan dan secara psikologis menimbulkan motivasi baru buat mereka.

Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga anak-anak dapat melakukan kegiatan filed trip seperti biasanya. Mereka bisa naik bis bersama, saling berbicara dengan teman-teman yang lain, dan bisa berkegiatan secara langsung.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by