• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Yuk ajari anak Self-Love sejak kecil…!!

Oleh: Nurul Latifah S. Pd, (Guru TK A)

Dalam sebuah hadits qudsi yang cukup popluer dikalangan sufi disebutkan “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhannya” Mencintai diri sendiri adalah suatu kewajiban sebagai perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Secara sederha dapat dikatakan bahwa mencintai diri sendiri merupakan bentuk rasa cinta kita kepada Allah. Mecintai diri sendiri/self-love bisa kita ajarkan pada anak sejak kecil.

Seringkali kita bertanya pada anak “Kamu sayang ibu tidak? Atau “Siapa yang paling kamu sayang?Ayah atau bunda? Nah, saat bertanya kita bisa tambahkan dengan pernyataan sayang pada dirinya sendiri.  Seperti “Aku cinta ibu, aku cinta ayah dan aku cinta diriku” beri tahu anak, konsep sayang pada diri sendiri bisa berupa senang bermain, boleh menangis jika merasa sedih, makan sehat, mandi yang bersih dan berbagai cara merawat tubuhnya.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak untuk mencitai dirinya sendiri diantaranya:

  • Memperhatikan kalimat yang kita ucapkan, seperti : “Kakak jago ya naik sepedanya” kita ganti dengan kalimat “Kakak jago naik sepedanya, pasti karena sering berlatih” , tekankan prosesnya pada anak bukan pada hasilnya.
  • Memberikan kesempatan pada anak untuk meresapi kesalahan dengan pengertian bahwa “salah itu boleh, salah itu pelajaran” dan tidak perlu mengungkit kesalahan anak yang sudah lalu.
  • Memberikan waktu pada anak untuk mengapresiasi dirinya sendiri atas pencapaian yang diraihnya, karena tetap proses harus dihargai. Jika anak berhasil melakukannya ajarkan padanya kalimat “Alhamdulillah, aku bangga pada diriku”
  • Ajari anak tentang empati. Bukan hanya kekalahan tapi juga ajari cara baik menerima kemenangan, tidak mempermalukan orang lain, dan tidak merasa paling benar atau pintar.
  • Mengenalkan emosi yang ada pada dirinya, seperti : menangis itu boleh, marah dengan aman itu artinya menyadari, tak merusak barang apalagi menyakiti orang lain dan diri sendiri.
  • Berhenti memberi label negatif pada anak
  • Mengajak anak untuk rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi dan halal

Mengajak anak untuk berterimakasih kepada Allah dan diri sendiri atas apa yang telah dilakukan hari ini. Karena setiap bagian badan kita merupakan nikmat dari Allah, berterimakasih kepada setiap bagian badan kita yang telah melakukan banyak hal.

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by