A. Sekilas Tentang SD An Nahl Islamic School
SD An Nahl Islamic School merupakan salah satu sekolah Islam yang hadir untuk masyarakat sekitar. Berdiri sejak tahun 2008 dari sebuah ruko kecil di kawasan perumahan Kota Wisata. Kemudian pada tahun 2012, SD An Nahl Islamic School memiliki lokasi baru yang terletak di Jln. Raya Ciangsana km 7.
Seiring waktu, kini SD An Nahl Islamic School telah hadir mewarnai dan ikut berperan aktif dalam mendidik generasi bangsa. Dengan komitmennya melahirkan calon pemimpin qur’ani yang Shalih, Unggul, dan Amanah.
About Us
Our Vision
Membentuk siswa menjadi calon pemimpin yang memiliki landasan iman, al-Qur`an, adab, ilmu, berwawasan global dan peduli lingkungan.
About Us
Our Vision
Menumbuhkan keimanan siswa dengan menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman hidupnya
Mengedepankan adab Islam dalam bersikap dan bertutur kata.
Menjadikan siswa unggul dalam ilmu dasar literasi, numerasi, dan dasar berbahasa asing.
Membina siswa untuk peduli lingkungan sekitar
B. Mengapa memilih SMP An Nahl Islamic School
Kurikulum Unggul
SD An Nahl Islamic School merupakan sekolah yang berkomitmen melahirkan calon pemimpin qur’ani yang Shalih, Unggul, dan Amanah. Komitmen tersebut diwujudkan dengan mengintegrasikan kurikulum nasional dan kurikulum keislaman menjadi Kurikulum Iman, Al Qur’an dan Adab atau disingkat dengan KURMAA.
KURMAA merupakan kurikulum unggulan SD An Nahl, karena dalam pembelajarannya semua mata pelajaran, baik pelajaran umum maupun keislaman harus mengandung muatan nilai-nilai keimanan, penerapan adab Islami berdasarkan al-Qur`an dan as-Sunnah, serta ilmu yang shahih sebagai bekal untuk beramal.
Prioritas pendidikan
- Iman, al-Qur`an, dan adab sebagai pondasi ilmu, agar ilmu yang dipelajari kokoh, kuat, dan bermanfaat.
- Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung.
Mengapa prioritas? Karena membaca, menulis, dan berhitung bukan hanya sebuah pelajaran melainkan sebuah proses dan hasil dari peradaban suatu bangsa. Kemampuan tersebut menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari dan dalam memahami ilmu syariah.
Sumber Daya Manusia Unggul
- Pendidikan minimal S1
- Guru Al-Qur’an tersertifikasi Ummi
- Memiliki wawasan keislaman yang baik
- Mendapat pembinaan dan pelatihan rutin
Sarana Prasarana Unggul
- Ruang kelas yang nyaman
- Sistem IT terpadu
- Perpustakaan
- Kolam renang
- Laboratorium komputer
- Masjid
- Lapangan futsal, basket, voli
- Saung-saung Ecopark Kantin
- Area panahan
- Lokasi sangat strategis
C. Program Unggulan
1.Penguatan Iman dan Adab
PG-TK An Nahl islamic school adalah sekolah yang berbasis sunnah .dengan beberapa program kegiatan, diantaranya: Dialog Iman, Praktek Ibadah, Hafalan Do’a harian, Hafalan hadits pendek, Berkisah sirah nabawiyah, Pengenalan Aqidah, Pengenalan asmaul husna dan nama-nama surat dalam Al Qur’an, Gema Muadzin Cilik, Pembiasaan Adab-adab islami, Baksos dan Charity Day.
2.Pembelajaran Al Qur’an
Metode pembelajaran Al Qur’an yang mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati bagi anak-anak. PG- TK An Nahl menggunakan metode pembelajaran UMMI, menjadi TK Satu- satunya yang sudah memiliki sertifikat SEKOLAH MODEL UMMI di wilayah Cibubur-Cileungsi-Ciangsana. Metode pembelajaran ini terbagi menjadi 2, yaitu Tahsin dan Tahfidz dengan pengajar yang sudah tersertifikasi UMMI FOUNDATION.
3.Pembiasaan Ibadah Harian
Konsep belajar seraya bermain, sesuai dengan kebutuhan anak usia dini sehingga pembelajaran secara menyenangkan lebih mudah d. iserap anak. Pembelajaran dengan pendekatan sentra merupakan metodologi pendekatan anak usia dini yang mengikuti perkembangan anak, dengan permainan yang terarah dan memiliki tujuan yang jelas sesuai fitrah anak.
Sentra merupakan wadah untuk membangun anak yang meliputi 6 aspek perkembangan yakni Nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni, 7 multiple intelegence, sikap-sikap positif dalam Al Qur’an melalui 3 jenis main dan 5 kontinum pendampingan, agar knowledge tersebut masuk ke anak secara teratur, sistematis, terarah sehingga memudahkan anak menganalisa dan mengambil kesimpulan.
Adapun sentra yang kami rancang sudah terintegrasi dengan pendidikan keimanan dalam membentuk dasar spiritualitas, seperti: pengenalan adanya Allah dan ciptaanNya, pengenalan Al Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pedoman hidup manusia serta pembiasaan adab-adab islami.
a. Sentra Iman dan Taqwa Memfasilitasi anak untuk mengenal dan membiasakan nilai-nilai kehidupan beragama untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosi sejak usia dini, melalui 6 aspek rukun iman dan 5 aspek rukun islam yang terintegrasi keseluruh sentra. Kegiatan bermain dilengkapi dengan alat-alat permainan edukatif yang bernuansa keagamaan.
b. Sentra Persiapan Memfasilitasi anak untuk memperluas .pengalaman keaksaraan dan aturan- aturan dalam menggali ilmu Allah yang diperlukan untuk persiapan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dengan menggunakan alat-alat permainan edukatif yang mendukung tahap perkembangan anak.
c. Sentra Main Peran Memfasilitasi anak dalam bermain peran .dengan memberikan kesempatan pada anak untuk bermain pura-pura yang memproyeksikan diri ke masa depan pada kehidupan sehari-hari yang berahklakul karimah, mengembangkan keterampilan khayalan yang positif sesuai syariat Allah, dengan menggunakan alat permainan yang mendukung permainan sentra peran.
d. Sentra Bahan Alam
Memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman main sensori motor dengan menggunakan alat dan bahan dari alam sebagai pengenalan bahwa Allah maha pencipta yang dapat mendukung dan mengembangkan kematangan motorik anak yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis, keterampilan berolah tangan dan menstimulasi system kerja otak yang sesuai dengan fitrah anak.
e. Sentra Balok
Memfasilitasi anak untuk memperluas pengetahuan, mewujudkan ide, gagasan, dan pengalaman yang dimilikinya menjadi karya nyata dalam bentuk konstruksi bangunan dengan menggunakan alat permainan balok serta pengenalan batasan hak kepemilikan sesuai syariat islam saat penggunaan alas balok yang dipilih anak.
f. Sentra Seni
Memfasilitasi anak untuk memperluas pengenalan rasa syukur akan nikmat pemberian Allah atas ide, gagasan dan kreatifitas pembuatan karya seni dan serta mewujudkan ide, gagasan dan pengalaman yang dimiliki anak menjadi kerja nyata, melalui metode proyek yang mengembangkan teknik dan pembuatan sebuah karya sederhana
g. Sentra Olah Tubuh
Memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan motoric kasarnya melalui gerakan dan permainan – permainan yang bersifat fisik untuk melatih kekuatan, kelincahan, koordinasi dan keseimbangan tubuh. Anak belajar mensyukuri pemberian Allah dengan menjaga kesehatan tubuhnya melakukan kegiatan yang ada disentra olah tubuh. Anak mengenal batasan-batasan aurat yang harus di jaga sesuai dengan perintah Allah.
4.Pembinaan Menuju Usia Baligh
Konsep pengenalan B.inggris yang menyenangkan “Fun Active Learning” untuk anak usia dini dengan mengenalkan in. struksi sederhana serta kosakata B.inggris sesuai tema yang berganti setiap bulan. Di akhir semester anak-anak belajar mempresentasikan kosa kata B.inggris yang sudah diajarkan dengan gaya dan metode masing-masing anak melalui “Program BTS” Bilingual Talent Show. Dengan belajar bahasa inggris, maka kita sudah mengingat bahwa Allah menciptakan manusia dengan berbeda- beda suku, bangsa dan bahasa. Rasullullah mengajarkan kita untuk mempelajari bahasa lain untuk memudahkan kita berdakwah.
5.Penguatan Dasar-Dasar Literasi dan Numerasi sebagai Pondasi Ilmu
Program peduli lingkungan dan cinta kebersihan yang sudah terlaksana di PG-TK An Nahl Islamic School menjadi program pembiasaan anak, seperti : membuang sampah sesuai jenisnya, memilah sampah, daur ulang sampah menajdi sebuah karya, pemanfaatan minyak jelanta, sedekah air, pembuatan pupuk kompos, Berkebun, Makan Tanpa Plastik (membawa bekal makanan dan minuman dengan tumbler dan misting), dll. Al-Qur’an menganjurkan kepada manusia untuk melestarikan lingkungan. Beberapa ayat di dalam Al-Quran menjelaskan bahwa Allah senantiasa memelihara dan melindungi makhluknya. Manusia diwajibkan melestarikan bumi serta alam semesta, termasuk tanaman dan binatang di dalamnya sesuai dengan al-Quran surat Al-baqarah ayat 205.
6.Kunjungan Perpustakaan
Kegiatan mengasah bakat dan potensi dari usia dini diperlukan untuk m. elatih sensori motor dan kematangan emosional, serta komunikasi dan tanggung jawab sebagai calon generasi pemimpin yang berkarakter. PG-TK An Nahl memfasilitasi kegiatan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak, seperti : Olahraga Sunnah (Berenang), Outbond, Berkebun, Fieldtrip, funCooking, Market Day, Outdoor activities, toilet trainin, melepas dan mengganti pakaian sendiri setelah berkegiatan, dan kegiatan kemandirian yang lainnya serta pengenalan istinja sesuai adabnya.
7.Market Day
Belajar berwirausaha meneladani pribadi Rasulullah ﷺ yang jujur dan amanah
8.Student Presentation
Melatih rasa percaya diri dengan mempresentasikan materi di hadapan orang tua, guru, dan teman-teman
9.Circle Time
Bermain ceria pagi hari di area terbuka sebelum belajar di kelas
10.Eksplorasi di Alam
Ecopark di sekolah menjadi tempat dan sumber belajar yang menyenangkan
11.Edutrip
Belajar dengan mengunjungi tempat-tempat edukatif
12.Outbound
Melatih keberanian dan kekuatan fisik di alam
13.Kegiatan Adiwiyata
Mengakrabkan siswa dengan kegiatan memakmurkan dan menyelamatkan bumi melalui program APUS (Ayo Pungut Sampah), PituBi (Plastic to Ecobrick), AMTP (Ayo Menanam Tanaman dan Pohon), SEJARAH (Sedekah Minyak Jelantah dan Recycling), Sedekah Air, dan MANTAPS (Makan dan Belanja Tanpa Sampah). Sekaligus memberi pemahaman tentang peran manusia sebagai khalifah di muka bumi.
14.Life Skills
Memberi bekal keterampilan hidup sebagai langkah awal siswa menuju kemandirian. Seperti, menyetrika, memasak, packing baju safar, mencuci, menyiapkan minuman dll.
15.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
Memberi bekal keterampilan dalam penggunaan teknologi di pembelajaran
16.An Nahl Care Center
Memberikan layanan pembelajaran bagi siswa inklusif dengan program- program sesuai kebutuhan individu, seperti program asesmen, pendampingan, dan terapi yang dilakukan oleh tim psikolog sekolah
17.Olahraga Sunnah
Sebagai sekolah yang berlandaskan Qur`an dan Sunnah, salah satu upaya sekolah adalah memperkenalkan olahraga yang menjadi kegemaran Rasulullah ﷺ , yang diajarkan dalam kegiatan pembelajaran PJOK