Ulasan Buku: “Begini Seharusnya Menjadi Guru”

Pengulas: Mar’atus Sholihah (Wali Kelas 5 Usamah bin Zaid)

 Buku dengan judul “Begini Seharusnya Menjadi Guru” merupakan buku yang ditulis oleh Fu’ad bin Abdul Aziz asy Syalhub. Buku ini memberitahu banyak hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Karena buku ini adalah salah satu koleksi di Perpustakaan Baytul Hikmah SD An Nahl Islamic School dan  memiliki lebih dari 150 halaman, maka saya akan mengulasnya dengan merangkum menjadi-poin poin yang penting,

 Karakter-karakter yang harus dimiliki oleh seorang pengajar di antaranya yaitu :

  1. Mengikhlaskan ilmu untuk Allah
  2. Jujur
  3. Serasi antara ucapan dan perbuatan
  4. Bersikap adil dan tidak berat sebelah
  5. Berakhlak Mulia dan terpuji
  6. Tawadhu (Rendah Hati)
  7. Pemberani
  8. Bercanda bersama anak didiknya
  9. Sabar dan menahan emosi
  10. Menghindari perkataan yang keji dan tidak pantas
  11. Berkonsultasi dengan orang lain

Tugas dan kewajiban guru diantaranya, yaitu :

  1. Menanamkan akidah yang benar dan memantapkan kualitas iman siswa pada saat proses belajar mengajar
  2. Memberikan nasihat kepada anak didik
  3. Lembut kepada anak didik dan mengajarnya dengan metode yang bagus
  4. Tidak menyebutkan nama secara langsung ketika memberi teguran
  5. Memberi salam kepada anak didik sebelum dan setelah pelajaran
  6. Menerapkan sistem sanksi pada saat mengajar
  7. Memberikan penghargaan kepada anak didik

Sistem dan metode mengajar antara lain, yaitu :

  1. Mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran
  2. Kontak pendengaran dan penglihatan antara guru dan murid
  3. Metode praktek (peragaan)
  4. Menyajikan materi pelajaran dengan metode yang sesuai dengan tingkat daya pikir dan pemahaman siswa
  5. Metode dialog dan pendekatan logika
  6. Mengajar lewat kisah
  7. Membuat permisalan
  8. Metode membangkitkan rasa penasaran
  9. Menggunakan isyarat (gerakan kepala dan tangan) ketika mengajar
  10. Menggunakan gambar ketika mengajar dan menerangkan
  11. Menerangkan masalah-masalah yang penting melalui metode penjelasan sebab-akibat
  12. Memberi kesempatan kepada murid untuk mencari jawaban
  13. Menggunakan metode pengulangan dalam mengajar
  14. Menggunakan metode klasifikasi dalam mengajar
  15. Menggunakan metode tanya jawab saat mengajar
  16. Melontarkan beberapa permasalahan ilmiah yang penting untuk menguji kemampuan otak siswa
  17. Guru memotivasi siswanya untuk mengajukan pertanyaan
  18. Guru meluruskan si penanya  dari sela-sela pertanyaannya dan menjawabnya dengan jawaban yang sesuai dengan kondisinya
  19. Memberikan penilaian terhadap jawaban siswa
  20. Ucapan guru “Saya tidak tahu” pada apa yang tidak diketahuinya adalah bagian dari ilmu

Sebagai seorang guru yang mempunyai pengalaman kurang dari 2 tahun, saya merasa harus banyak belajar.  Buku ini sangat bagus untuk dibaca sebagai sumber pengetahuan, terutama dalam poin sistem dan metode mengajar, karena guru adalah profesi yang luar biasa. Ada satu kalimat yang bagus bahwa “Semua orang bisa menjadi guru hanya sekedar bisa mentransfer ilmu namun tidak semua orang bisa menjadi pendidik.”

Informasi singkat penulis bukunya

Fu’ad bin Abdul Aziz Asy Syalhub mempunyai karya yang sangat banyak. Salah satu di antaranya adalah buku “Begini Seharusnya Menjadi Guru: Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah”

Pendapat pengulas mengenai kelebihan/kekurangan buku tersebut

Kelebihan buku ini adalah lengkap dengan sumber Al Qur’an dan As Sunnah, sangat membantu untuk mencari rekomendasi metode pengajaran, tulisannya rapih juga dilengkapi footnote memudahkan untuk si pembaca membuat karya tulis. Buku ini cocok untuk guru yang masih minim pengalaman dan ingin menambah pengetahuan.

Lokasi dan Kontak

Untuk anda yang ingin bertanya tentang informasi An Nahl Islamic School bisa menghubungi kami :

Jl Raya Ciangsana KM7, Gunung Putri, Bogor – Jawa Barat
021 – 29218282
+62 81222228046 (Whatsapp)
info@annahl-islamic.sch.id
News
Bagikan Artikel Ini :
Hubungi kami
1
get more info
Humas AIS
Assalamualaikum.. butuh info lebih lanjut?