• info@annahl-islamic.sch.id
    021 – 29218282

Ifthor Jama’i Grade 3 1442 H/2021 M

Oleh : Shofura Nur Hafiyya, S.Ag (Wali Kelas kelas 3A An-Nahl Islamic School)

Setelah hampir setahun bertukar cerita lewat layar gawai masing-masing, akhirnya pada hari Rabu, 21 April 2021 kami bisa menatap langsung mata bahagia sebagian dari teman-teman kecil kelas 3. Meski tertutup masker, lengkungan di ujung mata cukup menunjukkan senyum mereka yang tersembunyi. Sore itu, mereka datang hendak menyambung cerita, setelah pandemi yang membatasi bertemu dengan teman sebaya.

Diikuti hampir setengah dari total jumlah siswa kelas 3, acara ifthar jama’i alhamdulillah sukses digelar lengkap dengan protokol kesehatan covid-19. Meski begitu, tidak mengurangi antusias dari para siswa yang hadir pada acara itu.

Pukul 16.30 WIB, duet MC Mr. Eko dan Mr. Lukman membuka acara. Dengan jenaka dua MC menghidupkan suasana. Mengundang tawa agar mengurangi ketegangan yang mengudara diantara siswa. Kemudian dilanjutkan dengan membaca dzikir sore yang dipimpin oleh Ms. Hamidah. Tak lupa mengingatkan Ramadan adalah bulan Al Qur’an, selanjutnya kami Muroja’ah surat An-Naba. Suasana khusyuk ketika dzikir dan ayat Al Qur’an dibacakan bersama-sama. Mengisi ruangan yang sudah lama merindukan suara-suara penuh semangat milik mereka semua.

Lalu, sambutan disampaikan oleh Mr. Masduki sebagai perwakilan dari pimpinan SD An Nahl Islamic School. MC melanjutkan ke sesi hiburan, yaitu penampilan drama interaktif oleh Mr. Agus and team setelah sebelumnya para siswa diajak menyanyikan nasyid dengan alunan gendang berirama. Menyuguhkan drama dengan tema menegakkan tauhid dan meninggalkan syirik. Siswa-siswa ekspresif merespon setiap adegan yang ditunjukkan. Do learning do fun. Terima kasih kepada Mr. Agus and team untuk penampilan briliannya yang sudah menghibur para siswa sembari tak lupa menyampaikan materi yang masih berkaitan dengan keimanan. Well done!

15 menit sebelum adzan maghrib berkumandang, drama selesai dipertunjukkan. Para siswa diarahkan untuk mengambil wudhu terlebih dahulu dan para guru lain mulai sibuk membagikan ta’jil yang akan menjadi menu berbuka puasa. Alhamdulillah, ada sebagian orangtua murid yang datang membawa berbagai macam makanan untuk dibagikan juga kepada para siswa.

Tak lama, adzan maghrib terdengar. MC memimpin doa berbuka puasa. Setelahnya kami sholat maghrib berjama’ah dengan Mr. Masduki menjadi imamnya. Selesai sholat, para siswa dipersilakan untuk makan bersama atau langsung pulang bersama orangtua.

Dengan begitu, acara ifthor jama’i kelas 3 pun telah selesai dilaksanakan. Barakallahu fiikum. Terima kasih untuk para guru kelas 3, Mr. Agus and team, bapak OB dan Ms. Dessy yang sudah membantu keberlangsungan acara. Dan terima kasih pula untuk para siswa dan orangtua yang sudah bergabung meramaikan acara. Salam sehat selalu untuk semua.

 

Bagikan Artikel Ini :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by